Cara Balik Nama dan Mutasi Sepeda Motor

Saat Anda membeli motor bekas atau second, tentu Anda akan mengalami fase balik nama BPKB atau pajak yang sebelumnya tidak terurus atau yang sudah mati, maka Anda perlu melakukan balik nama motor pajak mati. Apalagi jika kendaraan yang kita beli berasal dari luar daerah maka kita perlu mengetahui cara balik nama motor beda daerah dan lain sebagainya.

Cara Balik Nama Motor

Cara balik nama motor beda daerah berhubungan dengan pengalihan kepemilikan suatu kendaraan. Untuk membalik kepemilikan tersebut perlu Anda ketahui syarat balik nama motor 2018 yaitu yang pertama bawalah surat-surat dan dokumen penting seperti KTP dua pemilik, BPKB, STNK, dan jika perlu bawa bukti pembelian kendaraan tersebut untuk memastikan bahwa kendaraan yang Anda beli bukan merupakan barang ilegal (selundupan), curian atau lainnya.

Cara Balik Nama dan Mutasi Sepeda Motor

Selain cara, perlu juga Anda ketahui mengenai biaya balik nama motor dan mutasi, yang tentunya menjadi sebuah pertimbangan saat Anda membeli motor dari daerah lain. Berikut adalah biaya yang perlu Anda bayar:

Cara Balik Nama dan Mutasi Sepeda Motor

Rincian biaya balik nama motor 2017 dan biaya balik nama motor 2018

  • Pajak (BBN KB, PKB)
  • SWDKLJJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)
  • STNK (balik nama)
  • TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)

Mengenai jumlah yang harus Anda bayar tidaklah sama pada setiap Samsat. Jika Anda belum tau anyakan dulu ke Samsat terdekat.

Untuk membalik nama kendaraan beda daerah inilah langkah-langkah cara balik nama motor beda daerah:

  1. Pergilah ke kantor SAMSAT terdekat yang melayani tentang balik nama antar daerah.
  2. Lakukan pengecekan fisik kendaraan Anda sesui prosedur.
  3. Kemudian serahkan berkas-berkas yang terdiri dari hasil tes fisik, KTP, BPKB, dan STNK sesuai persyaratan yang ditentukan, dan serahkan kepada yang berwajib sesuai ketentuan.
  4. Kemudian tunggu keputusan kapan mutasi Anda akan jadi.
  5. Selama proses jangan lupa untuk melakukan pembayaran.
Baca Juga  Cara Transfer Pulsa Telkomsel (Simpati dan Kartu AS)

Tidak hanya dapat dilakukan secara manual, balik nama kendaraan juga dapat dilakukan balik nama motor online. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mengunjungi web samsat online dan melakukan balik nama sesuai prosedur yang diberlakukan mengenai cara balik nama motor beda daerah.

Seperti yang disebutkan tadi, hal yang harus dipikirkan adalah biaya balik nama BPKB motor 2018 dan biaya balik nama motor 2017 yang memang adanya perbedaan dan pajak yang berbeda yang harus dibayar, jadi Anda jangan sampai tertipu atau keliru.

Berbicara mengenai biaya, perlu juga Anda ketahui adanya perubahan biaya tadi, saat ini biaya balik nama motor 2017 tidak lagi digunakan, dan telah berganti prosedur.

Untuk lebih berhati-hati, dan lebih cermat, hindarilah calo. Apalagi yang menggunakan biaya balik nama motor 2017. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda menjadi lebih berhati-hati dan waspada.