Cara Balik Nama Mobil

Saat ini mobil bukanlah suatu barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan pejabat tinggi, bahkan dapat kita saksikan bahwa mobil adalah suatu kebutuhan yang hampir dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Saat membeli mobil, seseorang akan melakukan balik nama mobil dan pasti akan membutuhkan informasi mengenai cara balik nama mobil dan mutasi serta bayaknya biaya balik nama mobil 2018 yang ter-update.

Langkah-langkah Balik Nama Mobil

Berikut ada sedikit ulasan mengenai cara balik nama mobil dan mutasi serta biaya yang diperlukan untuk melakukannya. Simak dengan baik agar Anda terhindar dari calo dan tidak bingung ataupun salah saat melakukannya.

Cara Balik Nama Mobil

  1. Sediakan persyaratan yang diperlukan (BPKB, KTP, STNK, Kwitansi pembelian mobil) masing-masing sediakan yang asli dan fotokopian sesuai prosedur cara balik nama mobil beda daerah yang ditentukan.
  2. Datangi Samsat sesuai domisili atau identitas nomor kendaraan Anda dan serahkan dokumen atau persyaratan yang telah Anda persiapkan.
  3. Lakukan pengecekan fisik kendaraan yang Anda beli dan yang akan Anda balik nama.
  4. Serahkan fotokopian dokumen-dokumen tadi ke bagian mutasi untuk proses selanjutnya.
  5. Kembali lagi ke bagian pengecekan fisik atau fiskal untuk medapatkan formulir atau data hasil pengecekan kendaraan Anda.
  6. Kembali lagi ke bagian mutasi untuk menyerahkan berkas selanjutnya dan mengetahui berapa lama proses balik nama mobil atau kapan Anda dapat mengambil surat hasil mutasi. Untuk sementara Anda diberikan surat jalan sementara selama surat mutasi belum jadi.
  7. Setelah surat jadi, ambil dan lakukan pengecekan kembali. Dan jangan lupa ambil BPKB baru yang telah ter-update.
  8. Jangan lupa melakukan pembayaran terkait biaya. Berikut adalah biaya yang perlu Anda bayar.
Baca Juga  Cara Balik Nama dan Mutasi Sepeda Motor

Cara Balik Nama Mobil

  • Pembayaran STNK (STNK baru atau perpanjangan STNK)
  • Penerbitan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)
  • Pembuatan BPKB

Dalam pembuatan BPKB gunakan pula acuan biaya balik nama BPKB mobil 2017.

Namun, apabila mobil yang Anda beli adalah mobil bekas dari luar kota, cara balik nama mobil beda daerah adalah sama seperti diatas yang membedakan adalah adanya biaya balik nama mobil bekas 2017 yang meliputi

  • Pajak (biaya yang ada pada STNK, seperti PKB, BBN KB, TNKB, SWDKLLJ, dan ADM STNK)
  • Biaya diluar pajak (tips kepada petugas)

Biaya pada setiap daerah tentunya berbeda, bisa saja Anda membeli mobil dari Surabaya, sedangkan Anda berdomisili di Semarang, maka biaya balik nama mobil jawa timur akan berbeda dengan biaya di Jawa Tengah. Namun, mengenai cara balik nama mobil beda daerah hampir sama, karena prosedur tersebut telah ditetapkan.

Jika Anda merasa kesulitan mengenai cara balik nama mobil dan mutasi atau tidak memiliki waktu, Anda bisa melakukan balik nama mobil online pada website masing-masing Samsat di kota Anda.

Saat Anda membeli mobil dari luar kota, alangkah lebih baik, jika Anda membicarakan mengenai cara balik nama mobil beda daerah bersama pemilik mobil yang lama. Hal ini juga bertujuan agar tidak terjadi kecurangan atau kesalahpahaman saat proses alih kepemilikan.

Terakhir mengenai cara balik nama mobil dan mutasi untuk lebih jelasnya, tanyakan kepada Samsat terdekat, atau orang yang sudah berpengalaman. Agar Anda terhindar dari calo yang akan meminta biaya terlalu banyak, dan tentunya akan merugikan Anda.