Cara Cek HP Android Sudah di ROOT / Belum

Sebaiknya pengguna Smartphone mengetahui apakah hp android sudah di root atau belum. Apalagi yang suka membeli hp second, wajib tahu cara mengetahui android sudah di root atau belum tanpa aplikasi. Karena root berarti sudah mengubah setingan ponsel. Ponsel yang sudah di root tidak akan sesuai lagi dengan sistem bawaan pabriknya. Ada banyak cara mengetahui hp sudah di root atau belum tanpa aplikasi.

Cek HP Android Second Sebelum Membeli

Sebenarnya root memberikan keleluasaan yang lebih luas untuk mengubah sistem. Namun ternyata cara tersebut tidaklah bagus untuk ponsel itu sendiri. sehingga sebaiknya Anda tahu cara mengetahui hp sudah di root tanpa aplikasi. Hp yang di root memiliki kekurangan dan kelebihan. Cara mengetahui android sudah di root atau belum tanpa aplikasi tidaklah sulit. Caranya juga sangat sederhana.

Cara Cek HP Android Sudah di ROOT / Belum

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bukti hp sudah di root. Mengetahui hp yang sudah di root menjadi pertimbangan ketika membeli hp second. Karena salah satu kekurangan hp di root adalah kita akan kehilangan generasi android selanjutnya yang digunakan pada Smartphone tersebut. Cara mengetahui hp sudah di root atau belum tanpa aplikasi adalah:

Cara Cek HP Android Sudah di ROOT Belum

  1. Cek Menu di Android

Cara mengetahui android sudah di root atau belum tanpa aplikasi yang pertama adalah masuk ke menu app drawer. Anda cukup masuk ke menu app drawer pada perangkat. Lalu cari apakah ada aplikasi SuperUser, aplikasi ini memiliki icon android bajak laut. Nah, jika pada Smartphone Anda terdapat icon seperti itu artinya hp tersebut sudah di root. Adanya icon android bajak laut pada android merupakan ciri-ciri hp sudah di root.

  1. Menggunakan Terminal Emulator
Baca Juga  Cara Memilih Perusahaan untuk Investasi

Cara mengetahui hp sudah di root atau belum tanpa aplikasi yang kedua adalah dengan cara memasang klien terminal. Cara mengetahui android sudah di root dengan terminal emulator adalah buka terminal emulator terlebih dulu. Jika Anda melihat tanda “#”, maka hp tersebut memiliki akses root yang berada pada mode superuser. Jika saat membuka terminal yang Anda lihat adalah tanda “$”maka ponsel tidak dalam mode superuser. Lalu ketik date dan enter coba ketik “su” tanpa tanda kutip. Jika perangkat belum di root maka ponsel tidak akan mengenali perintah “su”.

Demikianlah Cara mengetahui android sudah di root atau belum tanpa aplikasi. Dengan mengetahui cara tersebut, maka Anda akan mengetahui perbedaan hp yang sudah di root dan belum. Root pada hp akan membuat performa hp menjadi buruk. Sehingga penting untuk mengetahui Cara mengetahui hp sudah di root atau belum tanpa aplikasi. Dengan melakukan cara-cara di atas, diharapkan Anda tidak akan tertipu ketika membeli hp android second.