Cara Cek IMEI Hp

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak mengetahui apa itu IMEI. Sederetan kode yang terdiri dari 14 sampai 16 angka ini memiliki peran penting yaitu untuk melacak ponsel yang hilang. Cara cek IMEI android sebenarnya cukup mudah karena dapat dilihat langsung pada kemasannya. Sebagai pengguna Android, Anda sebaiknya mengetahui cara cek IMEI hp OPPO serta merahasiakannya karena info ini bersifat personal.

3 Langkah untuk Mengetahui IMEI HP Semua Merk

Saat membeli ponsel, pihak penjual biasanya akan menuliskan IMEI pada nota. Setiap produk memiliki kode unik yang menunjukkan tipe dan nama perusahaan pembuatnya. Cara cek IMEI Hp Xiaomi harus Anda ketahui agar ketika ponsel hilang dapat langsung dilakukan pemblokiran. Selain itu keberadaannya juga bisa dilacak dengan menginfokan deretan angka tersebut kepada pihak provider.

Fungsi lain dari mempelajari cara cek IMEI iPhone adalah agar handphone tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Beberapa kasus kriminal bisa ditangani tanpa hambatan hanya dengan cek IMEI android. Simpan kotak kemasan ponsel dengan baik atau bila perlu catat agar sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi lokasi ponsel yang telah dicuri.

Cara Cek IMEI Hp

Format dari IMEI terdiri dari huruf dan beberapa susunan angka. Setiap produsen memiliki aturan pengkodean yang berbeda yang ditunjukkan dengan 3 digit pertama. Misalnya ketika cek IMEI Samsung, biasanya diawali dengan TAC yang menandakan tipe produk dari produsen asal Korea Selatan tersebut. Lain halnya bila Anda menggunakan cara cek IMEI Hp Xiaomi, maka kode yang tercantum juga berbeda. Berikut ini adalah langkah Cek IMEI Hp semua merk yang harus Anda ketahui:

Cara Cek IMEI Hp

  1. Call *#06#

Tak butuh waktu lama untuk cek IMEI android, karena bisa diakses langsung menggunakan handphone. Ketik saja *#06# lalu tekan tombol call dan kode akan muncul di layar. Beberapa merk handphone misalnya cara cek IMEI Vivo, hanya dengan mengetikkan *#06# otomatis kode segera diketahui.

  1. Setting Handphone

Cara cek IMEI Hp Xiaomi adalah dengan masuk ke pengaturan, lalu pilih menu tentang handphone dan cari info mengenai kode IMEI. Karena saking gampangnya, jangan sampai pihak lain mengetahui angka ini karena bisa disalahgunakan.

  1. Periksa Kardus

Langkah cek IMEI android yang paling mudah adalah dengan mengecek kardusnya. Disitu Anda dapat mengetahui info penting yang dibutuhkan. Semua produk ponsel yang beredar saat ini juga bisa menggunakan cara cek IMEI Asus tersebut jika pembelian dilakukan secara resmi di konternya dan kardus masih ada.

Cara mengetahui IMEI hp yang hilang yang disebutkan diatas bisa digunakan untuk mendeteksi lokasi ponsel tersebut. Sebaiknya segera lakukan proses pemblokiran jaringan supaya data yang tersimpan didalamnya tetap aman. Karena cara cek IMEI Hp Xiaomi bisa dilakukan oleh siapa saja, maka jaga kerahasiaannya dengan menyimpan box di tempat aman dan tidak menyebarluaskan kode ke orang lain.