Cara Membaca Mikrometer Sekrup yang Tepat

Mikrometer sekrup adalah peralatan guna pengukuran ketebalan benda. Alat ini sangat diandalkan dalam pengukuran benda dengan tingkat ketebalan sangat tipis. Tingkat ketelitian perhitungannya lebih bagus dari jangka sorong mencapai 10 kali lipat. Supaya bisa membedakannya maka Anda bisa mengaplikasikan cara menghitung mikrometer sekrup dan jangka sorong. Sebagai panduan aplikasikan cara membaca mikrometer sekrup pdf.

Cara Memakai Mikrometer Sekrup

Diameter luar, ketebalan dan panjang sebuah benda biasanya yang diukur menggunakan mikrometer sekrup. Hal itu sama dengan cara membaca jangka sorong. Supaya lebih memahami metode perhitungannya sangat disarankan untuk sering mengerjakan contoh soal mikrometer sekrup.

Cara menghitung mikrometer sekrup dan jangka sorong sebenarnya mudah dilakukan. Sebelum mempelajari cara menghitungnya sebaiknya mengetahui beragam jenis dan bagian-bagiannya. Secara umum mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur terbagi atas tiga jenis. Jenisnya adalah mikrometer kedalaman, dalam dan luar.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup yang Tepat

Cara Membaca Mikrometer Sekrup yang Tepat

Anda bisa semakin mahir kalau sudah memahami contoh soal mikrometer sekrup dengan benar. Setelah mengenal jenis mikrometer sekrup maka penting memahami kerangka penyusunnya. Mikrometer sekrup mempunyai tujuh bagian terpenting. Sebagai dasar dalam melakukan cara menghitung mikrometer sekrup dan jangka sorong.

  1. Poros gerak (spindle) yang merupakan silinder yang dapat digerakkan ke anvil.
  2. Poros tetap (anvil) merupakan bagian mikrometer dengan fungsi menata benda yang diukur.
  3. Sleeve merupakan tempat skala utama dengan satuan milimeter.
  4. Thimble adalah tempat dari skala putar atau nonius.
  5. Frame merupakan bagian mirif huruf U atau C yang tahanpanas, tebal dan kuat. Fungsinya agar tidak mudah terjadi peregangan sehingga tidak menghambat jalannya pengukuran. Lapisan plastik juga diterapkan pada frame agar transfer panas melalui tangan ke baja bisa diminimalisir.
  6. Pengunci berfungsi sebagai penahan spindle supaya tidak bisa bergerak ketika pengkuran benda sedang berlangsung.
  7. Ratchet Knob berfungsi sebagai pemutar poros gerak ketika ujung spindle sudah dekat dengan benda yang akan dilakukan pengukuran. Selain itu juga agar spindlenya lebih kencang hingga terdengar suara khas. Hal itu menandakan kalau ujung spindlenya sudah melekat dengan sempurna dan benda yang sedang diukur bisa diputar hingga tiga putaran. Praktek tersebut bisa diimbangi dengan melatih diri memakai contoh soal mikrometer sekrup.

Cara menggunakan mikrometer sekrup relatif mudah diaplikasikan. Begitu pula dengan cara menghitung mikrometer sekrup dan jangka sorong. Anda bisa mengunci mikrometer sekrup agar rahang dan pemutarnya dapat bergerak leluasa. Lalu menaruh benda yang mau diukur dengan menaruhnya di antara kedua rahang tersebut.

Pastikan rahang putarnya menempel dan jangan terlalu kencang. Putarlah rachet knob hingga terdengar suara klik dan hentikan pemutarannya. Lakukan penguncian agar tidak terjadi pergeseran ukuran. Untuk mengetahui hasilnya maka bisa menjumlahkan skala nonius dan utamanya sebagai rumus mikrometer sekrup. Banyaklah mencermati contoh soal mikrometer sekrup agar semakin mahir menggunakannya.