Cara Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi merupakan plak mengeras pada gigi yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan. Karang gigi bisa terbentuk dari bawah gusi, dan menyebabkan iritasi pada gusi. Cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah tersebut, Anda bisa pergi ke dokter gigi. Tetapi jika enggan pergi ke dokter, ada cara membersihkan karang gigi sendiri. Anda bisa gunakan bahan tradisional yang terdapat di rumah. Seperti  garam dan baking soda, cara membersihkan karang gigi dengan garam dan baking soda sangat mudah. Selain berguna menghilangkan karang gigi, bahan alami ini juga mampu membuat gigi lebih putih.

Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Bantuan Dokter Gigi

Karang gigi bukan hanya berbahaya untuk kesehatan gusi dan mulut, tetapi juga mengganggu penampilan Anda. Jika tidak segera di tangani karang gigi bisa mengakibatkan masalah seperti gigi berlubang, radang gusi, periodontitis, dan penyakit lainnya. Ada cara membersihkan karang gigi sendiri tanpa perlu ke dokter. berikut beberapa cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dengan bahan alami, yaitu :

Cara Membersihkan Karang Gigi

  1. Rajin Menggosok Gigi

Anda pasti sudah tahu, anjuran menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Menggosok gigi merupakan cara membersihkan karang gigi sendiri yang bisa dilakukan di rumah. Gunakan pasta gigi untuk menghilangkan karang gigi. Pasta gigi mengandung fluoride mampu mencegah plak berkembang. Selain itu gunakan pasta gigi yang mengandung zinc citrate, triclosan, pyrophosphates sehingga mampu menghilangkan noda kekuningan dan plak pada gigi dengan efektif.

Cara Membersihkan Karang Gigi

  1. Menggunakan Garam

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan adalah garam. Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan garam ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu ke dokter gigi. Anda bisa campurkan garam dengan pasta gigi agar mempercepat hilangnya karang gigi. Dan cara membersihkan karang gigi dengan garam yang termudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya, masukkan 1 sendok teh garam ke dalam air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur sehari sebanyak 3 kali.

  1. Menggunakan Baking Soda
Baca Juga  Suara Kacer Betina untuk Pancingan

Selain cara membersihkan karang gigi dengan garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda. Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda adalah dengan menjadikan baking soda sebagai pasta gigi. Anda bisa menggosok gigi secara rutin dengan baking soda. Dengan begitu karang gigi yang sudah mengeras dan noda kuning pada gigi akan cepat hilang.

Itulah beberapa tips cara membersihkan karang gigi sendiri menggunakan bahan alami tanpa perlu ke dokter gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan garam dapur, merupakan cara yang paling mudah untuk di coba. Selain menggunakan bahan alami, cara membersihkan karang gigi dengan garam juga tidak akan memberikan efek samping apa pun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencoba.