Cara Membuat NPWP Online Paling Mudah

Seseorang wajib untuk mempunyai NPWP jika penghasilan Anda terkena pajak dari tempat perusahaan maupun badan usaha pribadi. NPWP ini harus dijaga dengan baik karena apabila hilang Anda harus membuat lagi yang baru sebagai pengganti dan jika tidak memiliki NPWP maka pajak akan lebih tinggi. Bagi Anda yang belum memiliki nomor NPWP, maka ada baiknya mengetahui cara daftar NPWP online.

Cara Membuat NPWP Secara Online dan Mudah

Hal yang harus Anda lakukan apabila ingin membuat NPWP yaitu tentunya dengan pendaftaran wajib pajak. Anda dapat membuatnya melalui situs online resmi NPWP. NPWP pada umumnya memang diperuntukan bagi mereka yang telah bekerja. Namun bagaimana cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja?

Cara Membuat NPWP Online Paling Mudah

Cara Membuat NPWP Online

Anda tetap dapat membuat dengan cara meminta surat keterangan dari kelurahan mengenai status pekerjaan. Kemudian pada status pekerjaan tersebut Anda isikan sesuai dengan kondisi saat ini seperti wiraswasta, freelance, dan sebagainya. Terdapat beberapa cara daftar NPWP online. Diantaranya yaitu:

  1. Pendaftaran Akun

Cara daftar NPWP online yang pertama yaitu dengan melakukan pendaftaran akun melalui situs online. Sebelum melakukan pendaftaran akan lebih baik bila Anda mempersiapkan beberapa data diri. Data tersebut yaitu seperti scan KTP, keterangan kerja bagi yang bekerja, SIUP bagi yang wiraswasta, serta SK PNS bagi para PNS. Setelah itu, Anda dapat melakukan pendaftaran akun menggunakan email yang akan digunakan untuk verifikasi. Lalu Anda dapat mengisi formulir pendaftaran NPWP.

  1. Mengisi Form Secara Online

Cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja juga sama seperti yang telah bekerja hanya saja Anda perlu melampirkan surat keterangan dari kelurahan. Setelah itu Anda dapat mengisi pada formulir online yang telah disediakan. Sebelum mengisi formulir, Anda perlu log in kembali dengan akun yang telah dibuat. Kemudian Anda bisa mengisi form kategori wajib pajak, identitas, penghasilan, alamat domisili, alamat kantor, dan terakhir upload beberapa scan data yang telah disebutkan di atas. Setelah itu Anda dapat melihat status pendaftaran NPWP telah selesai.

  1. Submit Formulir Secara Online
Baca Juga  Cara Cek Kuota Data Internet XL Axiata 2018

Cara daftar NPWP online yang terakhir yaitu Anda dapat menyampaikan formulir dengan terlebih dahulu meminta token. Kemudian Anda dapat mengirim permohonan token secara online. Setelah itu, permohonan Anda akan diproses kurang lebih 14 hari kerja. Anda juga dapat melakukan cetak NPWP online apabila nanti telah disetujui permohonannya.

Cara Membuat NPWP Online

Cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja tidak akan bermasalah apabila Anda menyertakan surat keterangan dari kelurahan tersebut. Sehingga Anda tetap dapat membuat NPWP secara online. Apabila NPWP telah disetujui, maka Anda perlu melakukan registrasi ulang NPWP.

Itulah tadi beberapa langkah dan cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja yang telah dijelaskan. Bila pendaftaran telah beres dan permohonan disetujui, maka Anda perlu mengetahui cara pengambilan NPWP online yang dapat diikuti petunjuknya pada website setelah disetujui permohonannya.