Cara Mencari Barisan dan Deret Geometri yang Benar

Dalam pelajaran Matematika, pasti Anda pernah menghitung cara mencari rasio deret geometri. Terlebih dulu Anda harus mengenal jenis barisan yaitu aritmatika dan geometri. Keduanya memiliki rumus yang berbeda dalam mencari hasil perhitungan. Pada artikel ini akan dijelaskan dengan detail mengenai cara mencari suku pertama deret geometri dan juga angka selanjutnya bahkan hingga mencapai barisan ke-50 lebih. Bila barisan ditulis secara manual tanpa menggunakan rumus, maka untuk mendapatkan hasilnya butuh waktu lama dan kadang tidak akurat.

Rumus Menghitung Rasio Deret Geometri

Barisan geometri merupakan hasil bagi antara bilangan sebelum dan sesudah yang sifatnya konstan. Perhitungan dan rumus deret geometri tak hingga harus mengetahui dulu rasionya. Jadi ini akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan contoh soal cerita barisan geometri yang kadang mencari nilai bilangan pada barisan yang panjang.

Rumus Mencari Barisan dan Deret Geometri

Cara mencari rasio deret geometri adalah dengan membagi angka pada baris berurutan. Proses ini sangat mudah jika bentuk contoh soal barisan geometri smp langsung ditunjukkan deretannya. Namun untuk soal terapan, maka harus dilakukan analisa terlebih dahulu tentang masalah dan penyelesaiannya.

Penerapan rumus deret geometri tak hingga sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk mengetahui jumlah telur yang dihasilkan selama satu bulan jika per lima hari diperoleh 20 telur. Tentu hasil perhitungan ini sifatnya konstan karena faktornya tetap. Untuk memahami rumus deret geometri dan aritmatika perhatikan penjelasan berikut ini.

Cara Mencari Barisan dan Deret Geometri

  1. Menghitung barisan geometri

Rumus yang berlaku adalah Un = ar^(n-1). Jadi selain dipakai untuk cara mencari rasio deret geometri juga dapat digunakan untuk menentukan suku kesekian atau yang dilambangkan dengan n, sementara r adalah rasio dan a merupakan suku awal. Contoh soal deret geometri 2010 bisa dengan mudah diselesaikan dengan menggunakan rumus tadi.

  1. Menghitung barisan geometri
Baca Juga  Cara Menghitung Diagram Lingkaran dan Contoh Soal

Dalam kasus ini perhitungan ditunjukkan untuk mengetahui jumlah angka pada sekian barisan yang sangat panjang. Rumus deret geometri tak hingga tidak bisa digunakan pada kasus ini, yang dipakai adalah Sn = a (1-r^n) /(1-r). Jadi untuk menentukan jumlah keseluruhan suku dalam barisan dapat menggunakan rumus tersebut.

Cara Mencari Barisan Dan Deret Geometri

Cara Mencari Barisan Dan Deret Geometri

Setelah mengetahui cara mencari rasio deret geometri, menentukan suku, serta menjumlahkannya, kini Anda tidak kesulitan lagi dalam menyelesaikan soal matematika di sekolah. Meskipun terlihat mudah, namun membutuhkan ketelitian yang tinggi agar hasilnya tidak salah.

Selain mempelajari perhitungan barisan geometri, rumus barisan aritmatika juga harus Anda ketahui karena akan sangat berguna bagi kehidupan kelak. Untuk menyelesaikan beberapa soal menggunakan rumus deret geometri tak hingga, Anda harus mengetahui rasio, suku awal, dan barisan suku yang ditanyakan. Setelah diperoleh suku awal dan rasio, selanjutnya dapat ditentukan jumlah angka dalam barisan tersebut.

Source :

bottlevtu