Cara Mencari Mean, Modus dan Median Dalam Data Kelompok

Median, mean, dan modus adalah nilai yang biasa digunakan dalam statistika dasar. Sebelum menghitung ketiga nilai tersebut, harus dipahami terlebih dahulu apakah arti dari ketiga istilah tersebut. mean merupakan nilai rata-rata dari sebuah data kelompok. Cara mencari mean data kelompok adalah dengan membagi jumlah data kelompok dengan banyaknya data. Sedangkan median adalah nilai tengah data kelompok. Cara mencari median data kelompok adalah dengan mencari nilai tengah dan jumlah hasil dari nilai tengah dikali dengan frekuensi. Sedangkan modus adalah nilai yang paling sering muncul.

Cara Menghitung Mean, Modus, Median

Cara menghitung mean, median, dan modus pada data tunggal berbeda dengan perhitungan pada data kelompok. Data tunggal merupakan data yang belum dikelompokkan menurut kelas intervalnya. Sedangkan data kelompok adalah data yang sudah dikelompokkan menurut kelas intervalnya. Agar lebih jelas berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut.

Mean merupakan nilai rata-rata pada suatu data. Agar lebih jelasnya simaklah contoh soal mean data tunggal dan berkelompok berikut ini. Diketahui nilai ulangan matematika murid kelas A adalah sebagai berikut : 8,7.5,8,6,6,7,7,9,7,6.5,7,8. Berapakah mean, median, dan modusnya?

Jawab : Mean = (8+7.5+8+6+6+7+7+9+7+6.5+7+8)/12 = 87/12 = 7.25

Dari soal di atas dapat diketahui nilai mean pada data tunggal tersebut adalah 7.25. cara ini tidak bisa digunakan sebagai cara mencari mean data kelompok. Dengan menggunakan soal tersebut, kita juga bisa menentukan median dan modusnya. Cara mencari median data tunggal adalah pertama-tama kita urutkan terlebih dahulu data diatas. Urutkan data tersebut dari yang terkecil sampai yang terbesar. Setelah itu carilah nilai tengah dari data tersebut. nilai tengah yang didapat itulah yang disebut dengan median.

Cara Mencari Mean, Modus dan Median Dalam Data Kelompok

Median = 6,6,6.5,7,7,7,7,7.5,8,8,8,9

Dari data berikut, diketahui bahwa terdapat dua nilai tengah yaitu 7 dan 7, maka menentukan mediannya adalah (7 + 7) : 2, median = 14 : 2 = 7. Selain median kita bisa menentukan modusnya. Dari data tunggal tersebut kita bisa tentukan rumus modus data tunggal. Modus merupakan angka yang paling sering muncul pada suatu data. Dengan begitu kita bisa ketahui pada data tunggal tersebut angka yang paling sering muncul adalah angka 7, yaitu muncul sebanyak 5 kali. Maka dari itu bisa dikatakan modus pada data tersebut adalah 7.

Itulah contoh soal mean median dan modus data tunggal, jika data yang disajikan berupa data kelompok, tentu rumusnya akan berbeda. Untuk lebih memahami cara mencari mean data kelompok Anda harus terlebih dahulu menentukan data kelompok yang akan dihitung. Rumus mean, median, modus sangat mudah dipelajari.

Itulah rumus mean, media, modus pada data tunggal maupun data kelompok. Dengan contoh yang diberikan diharapkan Anda akan mengetahui cara mencari mean data berkelompok dan juga cara mencari median data berkelompok. Contoh soal diatas akan memudahkan Anda mempelajari statistika dasar.