Cara Mengenali BPKB Kendaraan yang Asli

Razia satpolantas sering menjadi suatu momok yang menakutkan bagi para pengendara kendaraan bermotor. Sering kali polisi menanyakan kelengkapan surat-surat penting kendaraan, seperti STNK, BPKB, dan SIM. Bagi pengendara yang surat-suratnya tidak lengkap maka akan terkena denda atau sanksi atau sidang, namun tak jauh berbeda dengan pengendara yang memiliki kelengkapan surat kendaraan, seringkali ditemui surat-surat yang palsu. Hal ini dikarenakan banyak pengendara yang tidak tahu cara membedakan BPKB asli dan palsu.

Mari Cek BPKB Anda Palsu atau Asli

Untuk mengetahui keaslian BPKB, Anda tidak usah khawatir mengenai biaya cek keabsahan BPKB yang seringkali menjadi kendala. Melalui beberapa cara berikut, Anda dapat mengetahui cara membedakan BPKB asli dan palsu, agar Anda terhindar dari penipuan dan sanksi dari polisi yang tentunya tidak Anda inginkan. Berikut kami berikan tipsnya;

Cara Mengenali BPKB Kendaraan yang Asli

  1. Cover BPKB

Pada cover BPKB yang asli terlihat lebih mengkilap. Sedangkan yang palsu terlihat buram. Untuk lebih mengetahuinya cobalah cari sumber yang falid yang memberikan gambar BPKB mobil dan motor yang tentunya merupakan gambar BPKB asli.

Cara Mengenali BPKB Kendaraan yang Asli

  1. Lambang Korlantas

Lambang atau logo Korlantas ada pada setiap gambar BPKB mobil dan gambar BPKB motor. Logo ini berwana dan terasa kasar saat diraba dan saat di sinari UV akan menunjukkan huruf dan angka.

  1. Hologram

Cara membedakan BPKB asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memerhatikan lambang korlantas pada halaman pertama. Pada BPKB asli hologram ini berwarna abu-abu dan saat diterawang warnanya tidak berubah. Sedangkan pada BPKB yang palsu, saat diterawang hologram berubah menjadi kuning

  1. Identitas pemilik

Pada gambar BPKB mobil dan motor yang asli, identitas kendaraan dan pemilik terlihat nyata. Sedangkan yang palsu terlihat seperti di cetak ulang dan yang diubah hanyalah data kendaraan tidak pada data pemilik juga.

  1. Nomor Rahasia
Baca Juga  Cara Membedakan iPhone Asli dan iPhone Palsu (Replika)

Letak nomor BPKB berada di bawah hologram dan bertujuan untuk membedakan polda domisili. Nomor ini bersifat rahasia karena hanya Korlantas yang mengetahui artinya.

Setelah Anda mengetahui cara membedakan BPKB asli dan palsu, hendaknya Anda segera mengecek BPKB Anda agar Anda tidak terkena razia polantas dan akan dikenakan denda. Karena cara memalsukan BPKB mobil telah diketahui banyak orang. Tidak memungkiri jika saat ini banyak oknum yang menyalahgunakannya. Jika Anda menemukan yang seperti ini, Anda bisa langsung melaporkannya kepada pihak berwajib agar tidak merugikan banyak pihak.

Saat Anda menemukan kebingungan untuk membedakan mana BPKB yang asli atau yang palsu, maka carilah gambar BPKB mobil di internet, kemudian perhatikan contoh nomor BPKB dan perhatikan dengan seksama. Jika perlu tanyakan langsung kepada korlantas tentang bagaimana yang asli dan bagaimana yang palsu.