Cara Menggunakan Kopling Mobil di Tanjakan dan Jalan Macet

Bagi orang yang baru bisa mengendarai mobil, menyetir mobil di tanjakan dan jalanan macet menjadi tantangan tersendiri. Butuh keahlian khusus untuk mengemudikan mobil di tanjakan. Cara mengemudi mobil manual di jalan macet juga butuh skill tersendiri. Apalagi jika mengemudikan mobil di tengah kemacetan Ibu kota. Ketika di tanjakan Anda juga harus mengetahui cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati. Ini adalah trik-trik dasar yang harus dikuasai ketika menyetir mobil di jalan tanjakan.

Trik Mengemudi di Tanjakan dan Kemacetan

Salah satu hal yang ditakuti oleh pengemudi pemula adalah mengemudi di jalan tanjakan dengan mobil manual. Memang mengemudikan mobil manual di tanjakan tidak semudah menggunakan mobil matic. Bukan hanya ketika akan bergerak maju, Anda juga harus tahu cara mundur di tanjakan. Untuk itu harus mengetahui cara mengemudi di tanjakan dan turunan. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan sebagai cara mengemudi mobil manual di jalan macet.

Cara Menggunakan Kopling Mobil di Tanjakan dan Jalan Macet

  1. Jangan Panik

Ketika menyetir di jalan menanjak tentu kita khawatir tidak kuat menanjak, apalagi jika dalam kondisi macet. Ketika menghadapi kondisi ini jangan panik, ketika panik Anda akan lupa antara menginjak rem dan menekan gas. Yang terjadi malah mesin meraung kencang dan mobil mundur ke belakang. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, lakukan cara mengemudi mobil manual di tanjakan macet yaitu:

Cara Menggunakan Kopling Mobil di Tanjakan dan Jalan Macet

Kaki kanan injak rem, kaki kiri injak pedal kopling. Pindahkan kaki kanan ke pedal gas dengan cepat lalu kaki kiri lepas kopling perlahan. Ini merupakan cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati

  1. Gunakan rem tangan

Cara mengemudi mobil manual di jalan macet dan menanjak selanjutnya adalah gunakan rem tangan. Caranya adalah kaki kanan stand by di pedal gas, kaki kiri menginjak pedal kopling secara penuh. Posisi persneling di gigi 1 dan tangan kiri siap melepas rem. Injak pedal sedikit-sedikit sambil melepas rem bertahap. Perhatikan cara oper gigi di tanjakan supaya mesin tidak mati. Setelah berjalan pastikan rem tangan tidak aktif.

  1. Kopling
Baca Juga  Cara Transfer Pulsa Telkomsel (Simpati dan Kartu AS)

Ketika jalan di tanjakan macet, maka otomatis Anda harus berjalan merayap. Cara mengemudi mobil manual di tanjakan bisa gunakan teknik gantung kopling. Cara gantung kopling adalah dengan menginjak kopling dan gas.  Ketahuilah cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati, sehingga saat berada di jalan menanjak dan merayap Anda akan tetap aman.

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan sebagai cara mengemudi mobil manual di jalan macet. Ketika berada di jalan menanjak dan macet, maka Anda harus mencari cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati. Jika mengetahui teknik mengemudi di jalan tanjakan, maka Anda tidak akan menemui kendala. Jadi ketika merayap di tanjakan mobil manual Anda tidak akan panik.