Cara Menghitung Akar kuadrat Secara Manual

Mengerjakan soal Matematika terkadang begitu menyulitkan, apalagi jika Anda belum mengetahui caranya. Tak jarang orang-orang memilih cara mudah dengan menggunakan alat bantu kalkultor. Seperti misalnya ketika mengerjakan contoh soal akar kuadrat. Jika mau, Anda sebenarnya bisa mempelajari cara menghitung akar kuadrat tanpa kalkulator ini. Lalu bagaimanakah caranya?

Mencari Akar Kuadrat Secara Manual Tanpa Kalkulator? Ini Dia Cara Mudahnya

Cara menghitung akar kuadrat tanpa kalkulator ini sangat penting dipelajari, terutama jika Anda akan melaksanakan ujian. Cara menghitung akar kuadrat tanpa menggunakan alat bantu bisa dilakukan dengan menggunakan pohon faktor. Cara ini adalah cara paling umum dilakukan untuk menghitung akar dari bilangan secara manual atau selain akar pangkat dua. Cara ini biasanya digunakan sebagai cara menghitung akar pangkat 3.

Cara paling umum untuk mencari akar kuadrat tanpa kalkulator adalah dengan menggunakan metode pohon faktor.Cara mencari akar kuadrat dengan pohon faktor ini bisa dilakukan dengan mencari faktorisasi prima dari bilangan yang ingin dicari tersebut. Misalnya Anda ingin mencari jawaban akar kuadrat dari soal akar pangkat dua.

Cara Menghitung Akar kuadrat Secara Manual

Cara mencari akar kuadrat dengan pohon faktor yang pertama adalah dengan membuat pohon faktor. Setelah itu, buat faktorisasi prima dari bilangan tersebut. Jika ingin mencari akar pangkat dua, maka bilangan prima faktorisasinya harus dibagi dengan angka 2.  Cara menghitung ini adalah cara menghitung kuadrat 2 paling sederhana tanpa menggunakan kalkulator.

Cara Menghitung Akar kuadrat Secara Manual

Setelah itu, teruskan penghitungan hingga angka yang di akarkan tadi tidak bisa dibagi dengan dua lagi. Setelah penghitungan selesai Anda akan mendapatkan hasilnya. Cara mencari akar kuadrat dengan pohon faktor ini juga berlaku untuk menentukan akar pangkat tiga.

Baca Juga  Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Cara ini sama-sama cara menghitung akar kuadrat tanpa kalkulator yang sederhana. Yang membedakan cara pertama dengan cara mencari akar pangkat tiga dari suatu bilangan dengan menggunakan pohon faktor ini adalah pembaginya. Jika tadi pembaginya adalah angka 2, maka disini pembaginya adalah 3. Langkah selanjutnya masih sama. Cara ini sayangnya sulit diaplikasikan sebagai cara menghitung akar kuadrat koma.

Agar Anda bisa menguasai cara menghitung ini tentu saja dengan banyak berlatih soal latihan. Anda bisa mencari contoh akar kuadrat sebanyak-banyaknya sebagai bahan latihan. Untuk pemecahannya, Anda bisa memilih berbagai metode mencari akar pangkat suatu bilangan yang Anda anggap paling mudah. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan itu adalah cara mencari akar kuadrat dengan pohon faktor.

Nah, itulah tadi salah satu cara menghitung akar kuadrat tanpa kalkulator yang paling mudah diterapkan. Sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mencari akar kuadrat dari suatu bilangan. Metode menghitung ini sangat penting dipelajari terutama untuk digunakan saat ujian.

Source :

akar kuadrat