Cara Menghitung Akar Pangkat 3 Dengan Cepat dan Benar

Ada beragam hitungan dasar dalam ilmu Matematika yang harus dikuasai, misalnya menghitung akar pangkat dari suatu bilangan. Sayangnya, tidak semua bisa menguasai hitungan ini secara manual. Untuk operasi hitung ini, kebanyakan orang memilih menggunakan bantuan kalkulator. Tak perlu khawatir karena ada metode mudah untuk mengerjakan soal akar pangkat 3 ini tanpa menggunakan kalkulator. Metode itu adalah dengan cara mencari akar pangkat 3 bersusun.

Cara Menghitung Akar Pangkat 3 Secara Manual dan Cepat

Mengerjakan soal akar pangkat dari suatu bilangan biasanya dianggap sulit, apalagi jika dikerjakan secara manual. Contoh paling mudah adalah mencari akar pangkat 2. Beragam Cara cepat mencari akar pangkat 2 bisa dicoba untuk hitungan ini. Hal yang sama tidak terjadi untuk mencari akar pangkat 3. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghitung akar pangkat 3 secara manual yang bisa Anda terapkan.

Salah satu cara menghitung akar pangkat 3 secara manual adalah dengan menebak. Cara menebak atau menaksir ini bisa diterapkan jika angka yang dicari akarnya cukup besar atau lebih dari seribu. Cara ini adalah cara cepat menghitung pangkat 3 yang sering diajarkan. Syaratnya, Anda juga harus menghafal beberapa bilangan pangkat 3 dasar.

Cara Menghitung Akar Pangkat 3 Dengan Cepat dan Benar

Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan cara bersusun. Cara mencari akar pangkat 3 bersusun ini pada dasarnya hampir sama dengan pembagian bersusun. Langkah pertamanya Anda harus mengelompokkan bilangan yang akan dihitung, dengan masing-masing terdiri dari 3 bilangan. Jika sudah, tentukan satu angka yang jika dipangkatkan 3 hasilnya kurang dari tiga angka pertama dari soal tersebut. Cara menghitung akar pangkat 3 secara bersusun selanjutnya adalah mengurangkan hasil pemangkatan dari angka tersebut.

Langkah selanjutnya hampir sama dengan pembagian bersusun. Anda bisa mengulangi langkah pertama di atas hingga menemukan hasil yang sesuai. Selain dengan cara bersusun, ada cara menghitung akar pangkat 3 secara manual lainnya. Misalnya dengan cara mencari faktor primanya. Cara ini merupakan rumus matematika akar pangkat 3 kelas 6 , yang mana merupakan cara paling dasar.

Nah, itulah tadi beberapa cara mencari akar pangkat 3 tanpa kalkulator, ada cara menghitung dengan mencari faktor primanya, ada juga cara mencari akar pangkat 3 secara bersusun. Metode menghitung manual ini diajarkan agar Anda tidak selalu menggantungkan alat bantu seperti kalkulator saat menghitung.

Namun, ketika sedang benar-benar dibutuhkan dan cara menghitung akar pangkat 3 secara manual tidak berhasil, Anda bisa menggunakan alat bantu hitung seperti kalkulator. Cara menghitung akar pangkat 3 dengan kalkulator juga ada trik khususnya, berbeda dengan mencari akar kuadrat. Caranya adalah dengan menekan tombol 2ndF atau tombol shift serta tombol lambang akar secara bersamaan. Sebelumnya ketik atau tekan dulu bilangan yang akan dicari akar pangkat tiganya.