Cara Menghitung Biaya dan Denda Pajak Mobil

Terkadang keadaan yang sangat mendesak membuat Anda harus membayar denda pajak mobil. Berdasarkan peraturan yang baru, Anda diwajibkan membayar denda pajak apabila terlambat untuk membayar pajak dua hari kerja ketika tanggal jatuh tempo telah terlewat. Maka dari itu, Anda yang mengalami kejadian tersebut harus tahu bagaimana cara menghitung denda pajak mobil 2018 terbaru ini.

Menghitung Biaya Denda Pajak Mobil

Denda pajak mobil 2018 dapat dihitung secara bulanan. Jadi apabila Anda terlambat hanya dua hari kerja saja maka akan dihitung bahwa terlambat satu bulan. Apabila Anda terlambat dua belas bulan, tentunya denda yang wajib dibayar yaitu 12 kali. Berikut akan dijelaskan cara menghitung denda pajak mobil 2018.

Menghitung pajak serta denda dari kendaraan mobil ini tidaklah sulit apabila Anda paham dan mengetahuinya. Cara mengitung pajak mobil yaitu cukup dengan memasukkan angka kemudian Anda akan mendapatkan hasil dari denda yang wajib dibayarkan.

Cara Menghitung Biaya dan Denda Pajak Mobil

Cara Menghitung Biaya dan Denda Pajak Mobil

  1. Denda Telat Membayar Pajak Mobil

Cara menghitung denda pajak mobil 2018 yaitu dengan menggunakan rumus biaya PKB dikalikan dengan 25% dikali jumlah bulan keterlambatan. Anda bisa cek biaya PKB dengan berkunjung ke Samsat setempat. Bila tidak sempat ke kantor, Anda bisa cek PKB secara online. Sebagai contoh Anda sedang mencari cara menghitung denda pajak mobil telat 5 tahun. Maka cara menghitungnya adalah biaya PKB dikali 25% dikali 60 (5 tahun x 12). Kemudian dibagi dengan 12. Hasilnya itulah yang harus Anda bayarkan.

Contoh lain yaitu cara menghitung denda pajak mobil telat 2 tahun yaitu tinggal masukkan rumus angka dan input 2 tahun x 12 yaitu 24 bulan sehingga Anda wajib membayar denda 24 kali. Semakin lama Anda menunda membayar pajak, tentunya semakin besar pula nilai denda yang harus dibayarkan.

  1. Denda Telat Pajak Motor
Baca Juga  Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

Cara menghitung pajak mobil tidak berbeda dengan menghitung pajak motor. Perhitungan denda pajak motor 3 tahun yaitu biaya PKB dikali 25% dikali 36 (3 tahun x 12) dibagi 12. Maka akan menemukan hasil biaya denda pajak motor. Hal ini dapat Anda sesuaikan dengan berapa bulan keterlambatan pembayaran.

Cara Menghitung Denda Pajak Mobil

Denda pajak motor 2018 juga sering terjadi karena orang-orang sering lupa membayar pajak sehingga terjadi penumpukan denda pajak. Oleh karena itu, jangan sampai Anda terlambat lagi. Cara menghitung pajak mobil di atas merupakan cara yang paling dasar dan paling mudah untuk dilakukan.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga dapat mencari cara menghitung denda pajak mobil 2018 dengan melalui situs online di web PKB resmi masing-masing daerah. Cek denda pajak motor online dapat dilakukan dengan mudah melalui situs PKB.

Itulah tadi beberapa cara menghitung pajak mobil dan juga motor yang telah disampaikan. Apabila memang tidak sedang dalam keadaan penting, maka sebaiknya Anda membayar pajak dengan tepat waktu karena akan membuat semakin mahal bila tidak dibayar.