Cara Menghitung BMI (Body Mass Index)

Anda ingin tahu apakah termasuk golongan bertubuh gemuk, ideal, kurus atau justru mengalami obesitas? Caranya mudah dengan menghitung BMI Body Mass Index (BMI). Perhitungan ini merupakan kalkulasi dengan menggunakan parameter berat dan tinggi badan. Tabel BMI  BMI online bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat di internet. Dengan begitu bisa diketahui BMI ideal agar tubuh terlihat langsing, sehat dan enak dipandang.

Memahami Pentingnya Perhitungan BMI

BMI adalah cara yang relatif mudah diterapkan agar setiap orang bisa mengetahui berat dan tinggi tubuh yang proporsional. Tubuh yang terlalu kurus tentunya tidak menarik sedangkan kegemukan akan mendatangkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, obesitas dan lain sebagainya. Oleh karena itu, memiliki berat badan ideal merupakan cara termudah dan efektif untuk menangkal segala penyakit dan bisa tampil lebih percaya diri. Metode tersebut bisa diterapkan untuk segala tingkatan usia termasuk sebagai cara menghitung BMI anak.

Cara Menghitung BMI (Body Mass Index)

Berdasarkan riset ilmiah yang pernah dikembangkan menghasilkan kesimpulan kalau indeks massa tubuh seseorang berada di angka 25 bahkan lebih maka sangat berisiko terhadap serangan penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker, osteoarthritis, penyakit jantung dan sebagainya. Jadi risiko itu harus dipahami sejak dini dengan mengetahui cara menghitung BMI anak.

Cara Menghitung BMI

Begitu juga sebaliknya jikalau indeks massa tubuh seseorang rendah hingga mencapai di bawah angka 18 maka sangat berisiko terserang penyakit osteoporosis. Hal itu sebagai pertanda kalau tingkat kesehatannya tidak bagus sehingga sangat penting untuk senantiasa mencermati Tabel BMI  BMI online. Dengan begitu bisa memahami kategori BMI dengan lebih baik.

Cara menghitung BMI wanita online dan pria dewasa sama saja tidak ada perbedaan selama mereka sudah menginjak usia 20 tahun ke atas. Perbedaan akan terlihat untuk perhitungan untuk orang di bawah usia 20 tahun dan cara menghitung BMI anak. Selain itu, perhitungan BMI juga akan berbeda untuk mereka yang berstatus sebagai olahragawan atau atlet. Oleh karena massa berat tubuhnya berasal dari massa ototnya sehingga perhitungan dengan metode BMI tidak berfungsi atau bisa dibilang menyesatkan.

Secara umum kalau seseorang memiliki angka 18,5 hingga 25 maka masih dianggap normal sesuai dengan Tabel BMI  BMI online. Namun, kalau nilai BMI-nya sudah mencapai 40 bahkan lebih itu yang harus diwaspadai karena sudah pasti sangat berbahaya bagi kesehatan. Biasanya wanita sudah merasa percaya diri kalau berat badannya memiliki indeks masa tubuh antara angka 20 hingga 22. Untuk cara menghitung BMI anak harus disesuaikan juga dengan standarisasinya.

Berbeda dengan pria merasa tubuhnya ideal kalau indeks massa tubuhnya di angka 23 sampai 25. Supaya lebih akurat pastikan Anda selalu berpatokan pada Tabel BMI  BMI online. Dengan begitu tidak pernah keliru dalam melakukan perhitungan termasuk cara menghitung BMI ibu hamil.