Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Tepat

Setiap kredit memiliki tipe bunga yang berbeda-beda. Jenis bunga pinjaman akan mempengaruhi nilai total pinjaman. Dengan mengetahui cara menghitung persen bunga pinjaman, Anda bisa menganalisis berapa cicilan yang harus dibayar. Cara menghitung bunga pinjaman bank hampir sama dengan cara menghitung bunga pinjaman koperasi.

Ingin Mengajukan Kredit? Ketahui Dulu Perhitungan Bunganya

Salah satu bank yang memberikan fasilitas pinjaman kepada masyarakat adalah bank BRI. Bagi Anda yang memiliki pinjaman di bank BRI sangat penting untuk mengetahui cara menghitung bunga pinjaman bank BRI. Agar Anda mengetahui berapa cicilan per bulan yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Tepat

Anda harus mengetahui bagaimana cara menghitung bunga pinjaman per bulan. Dengan mengetahui cara menghitung persen bunga pinjaman per bulan Anda akan mendapatkan keuntungan. Misalnya membayar bunga cicilan yang rendah. Oleh karena itu, perlu mengetahui bagaimana menghitung bunga bank BRI.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Tepat

Selain di bank, masyarakat juga suka melakukan pinjaman modal di koperasi. Menjadi anggota koperasi memang memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah bisa melakukan pinjaman. Cara menghitung bunga pinjaman koperasi biasanya tidak jauh berbeda seperti cara menghitung bunga bank BRI. Namun, jenis bunga pinjaman koperasi biasanya adalah flat.

Tidak hanya berlaku pada pinjaman di bank atau koperasi, bunga pinjaman juga berlaku pada kendaraan atau gadget yang dibeli dengan sistem kredit. Berhati-hatilah jika Anda kredit motor dengan iming-iming cicilan yang murah. Besarnya cicilan yang murah belum tentu mengindikasikan harga motor yang murah. Sebaiknya ketahui dulu cara menghitung bunga kredit motor. Dengan mengetahui cara menghitung persen bunga pinjaman Anda bisa menghitung berapa total harga motor yang sebenarnya.

Begitu juga ketika Anda ingin kredit telepon selular. Sebaiknya ketahui dulu cara perhitungan kredit hp agar tidak terkecoh dengan harga cicilan yang murah. Dalam perhitungan bunga pinjaman dikenal beberapa jenis bunga pinjaman. Yaitu bunga flat, yang merupakan suku bunga tetap. Biasanya bunga flat akan berlaku pada  cara menghitung bunga pinjaman koperasi. Bunga flat akan mengakibatkan besarnya cicilan yang selalu sama setiap bulannya.

Baca Juga  Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

Kedua adalah bunga efektif, sistem bunga pinjaman ini adalah yang sering diberlakukan pada sistem kredit. Bunga dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayarkan oleh peminjam. Dengan begitu jumlah besaran bunga tiap bulannya akan berubah-ubah sesuai nilai pokok yang belum dibayarkan tersebut. Cara menghitung bunga efektif adalah saldo pokok pinjaman sebelumnya x suku bunga per tahun x (30/360).

Demikianlah sekilas mengenai cara menghitung persen bunga pinjaman. Mengetahui cara menghitung bunga sangat penting sebelum mengajukan kredit. Begitu juga ketika mengajukan pinjaman koperasi, ketahui dulu cara menghitung bunga pinjaman koperasi Sehingga Anda tidak akan tertipu dengan cicilan yang murah. cicilan murah namun bunga tinggi dan tenor lama, maka mengakibatkan total harga produk atau pinjaman semakin mahal.