Cara Menghitung Diagram Lingkaran dan Contoh Soal

Salah satu materi pelajaran matematika kelas 6 adalah menghitung diagram batang dan lingkaran. Diagram lingkaran merupakan diagram yang menunjukkan data dalam bentuk lingkaran. Ada begitu banyak contoh soal diagram kelas 6 yang bisa dipelajari. Mempelajari rumus soal diagram batang tidaklah sulit, ada banyak contoh soal diagram batang di internet untuk berlatih.

Rumus Diagram Batang dan Lingkaran

Mempelajari perhitungan rumus diagram adalah materi pelajaran kelas 6. Ketika belajar matematika biasanya guru akan memberikan kumpulan soal diagram lingkaran kelas 6 SD. Dengan banyak berlatih contoh soal, maka siswa akan semakin mahir mengerjakan soal-soal diagram. Selain soal diagram lingkaran, guru juga akan memberikan materi contoh soal diagram batang.

Cara Menghitung Diagram Lingkaran dan Contoh Soal

Selain contoh soal diagram batang, yang menjadi mata pelajaran kompetensi dasar umum adalah mengenai diagram lingkaran. Rumus diagram lingkaran ini ada bermacam-macam, tergantung dari data yang disajikan. Ada rumus diagram lingkaran biasa, bentuk persen dan derajat. Agar lebih jelasnya Anda bisa menyimak contoh soal diagram lingkaran dan pembahasannya kelas 6 sebagai berikut

Cara Menghitung Diagram Lingkaran dan Contoh Soal

  1. Diagram Lingkaran Derajat

Contoh soal diagram kelas 6 yang pertama yaitu, ada 1260 siswa, sebanyak 130omengikuti ekskul basket, 100oekskul bola, dan 80o ekskul silat. Berapa orang yang ekskul musik? Caranya adalah 360o – (130o-100o-80o) = 50o setelah itu (50o/360o)x1260 = 175 siswa. Selain diagram lingkaran derajat, untuk menambah pengetahuan bisa juga mencari contoh soal diagram batang, garis dan lingkaran.

  1. Diagram Lingkaran Biasa

Rumus menghitung diagram lingkaran biasa adalah jumlah data yang ditanyakan = total jumlah data – total data yang diketahui. Agar lebih mengerti simak soal diagram lingkaran kelas 12 ini. Dari data diketahui, ada sebanyak 100 siswa, dimana 34 mengikuti ekskul bola, 18 ekskul silat, dan 46 mengikuti ekskul basket. Berapa yang tidak mengikuti ekskul? Jawab = 100 – (34+18+46) = 2

  1. Diagram lingkaran Persen
Baca Juga  Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Rumus untuk menghitung diagram persen adalah nilai yang ditanyakan = (persen nilai yang ditanyakan/100%) x total nilai. Agar lebih jelas simak contoh diagram lingkaran beserta datanya berikut ini. diketahui ada total baju sebanyak 300 buah, baju remaja sebanyak 40%, baju dewasa 38%. Berapakah jumlah baju anak?. Caranya 100% – (40%+38%) = 22%. Kemudian yaitu 22%/100% x 300 = 66 buah. Dari contoh soal diagram lingkaran kelas 6 tersebut kita bisa ketahui bahwa jumlah baju anak adalah sebesar 66 buah.

Itulah beberapa contoh soal diagram lingkaran kelas 6. Dengan berlatih soal tersebut diharapkan siswa lebih mengerti bagaimana menghitung data yang disajikan pada soal matematika kelas 6 bab diagram lingkaran. Memahami diagram lingkaran sama seperti mempelajari rumus diagram lainnya. Siswa juga harus sering berlatih contoh soal diagram batang agar mampu mengerjakan soal dengan mudah.

Source :

Cara mengerjakan diagram lingkaran derajat dan beratnya,cara menghitung diagram lingkaran,diagram lingkaran dan contoh matematika SD kelas 6