Cara Menghitung Diskon Harga yang Benar

Diskon, siapa yang tidak tergiur dengan kata satu ini. Jika mendengar kata diskon, setiap orang pasti membayangkan berbelanja dengan harga yang lebih murah. Nah, bagi Anda yang suka berbelanja, Anda harus berhati-hati ketika mendapatkan penawaran diskon yang menggiurkan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menghitung terlebih dahulu produk yang didiskon tersebut. Misalnya cara hitung dikson 30 persen.

Bagaimana Menghitung Diskon Harga Produk yang Benar?

Anda mungkin mengalami kesulitan menghitung harga yang harus dibayar ketika mendapatkan penawaran diskon. Jika Anda bisa menghitung penawaran yang sering diberikan di pusat-pusat perbelanjaan ini dengan tepat, maka Anda bisa mendapatkan penawaran yang lebih menguntungkan. Lantas bagaimanakah cara menghitung diskon harga sebelum diskon tersebut. Nah berikut penjelasannya. Misalnya Anda ingin mengetahui cara hitung diskon 30 persen.

Untuk lebih memudahkan Anda menghitung diskon ini, ada contoh soal diskon sederhana. Misalnya di sebuah pusat perbelanjaan menawarkan diskon 30% pada sebuah produk sepatu dengan harga asli 300 ribu rupiah. Nah, cara hitung diskon 30 persen ini adalah sebagai berikut. Anda bisa menghitung terlebih dahulu 30% dari Rp 200.000 itu.

Cara Menghitung Diskon Harga yang Benar

Dari perhitungan tersebut, didapatkan hasil Rp 60.000. Angka ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penawaran diskon tersebut. Dengan begitu harga akhir yang Anda bayarkan adalah Rp 140.000.

Cara Menghitung Diskon Harga yang Benar

Nah, selain itu ada lagi penawaran lain yang biasanya ditawarkan, yaitu diskon 50 + 20 persen. Penawaran ini biasanya bisa Anda temui di Matahari. Cara menghitung diskon 50 + 20 ini sudah berbeda lagi. Anda yang suka berbelanja di Matahari, cara menghitung diskon di matahari ini perlu Anda perhatikan.

Baca Juga  Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

Jika Anda melihat ada penawaran diskon 50+20, hitung dengan cermat keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya. Cara menghitung diskon 50+20 ini tidak sama dengan diskon 70%. Misalnya produk yang ditawarkan memiliki harga awal Rp 300.000. Cara menghitung diskon 50+20 ini yang pertama adalah hitung harga awal dengan diskon 50% dulu. Hasilnya adalah Rp 150.000. Selanjutnya hitung diskon 20% dari harga tersebut, yaitu 20% dari Rp 150.000= Rp 30.000.

Dari perhitungan di atas, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 180.000. Dengan begitu harga yang harus dibayar hanya Rp 120.000 saja. Untuk menghitung ini biasanya dilakukan dengan cara menghitung diskon di excel. Namun cara ini cukup memakan waktu. Jika bisa Anda harus mulai belajar cara cepat menghitung persen tanpa kalkulator. Dengan begitu Anda bisa berbelanja dengan cepat.

Itulah tadi beberapa cara menghitung diskon suatu produk, baik cara hitung diskon 30 persen maupun cara menghitung diskon 50+20. Cara ini juga bisa Anda terapkan untuk hitung diskon online. Artinya menghitung produk-produk yang dijual secara online.