Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Cepat Dan Tepat

Mahasiswa keperawatan pasti akan belajar mengenai cara menghitung dosis obat yang benar. Salah satu contohnya adalah cara menghitung dosis obat ampul. Tentunya tidak hanya menghitung secara tepat saja tapi juga harus cepat. Oleh karena itu Anda juga memerlukan rumus menghitung dosis obat injeksi pdf agar proses tersebut berlangsung lebih mudah dan cepat.

Cara Hitung Dosis Obat Secara Praktis

Nantinya bila sudah menjadi menjalankan tugasnya, seorang perawat harus menguasai perhitungan cara menghitung dosis obat tablet, sirup dan serbuk atau puyer baik dikonsumsi secaraoral, intravena (IV) ataupun subkutan. Selama kuliah mungkin Anda telah belajar banyak rumus dan terkesan sulit tapi sebenarnya ada trik untuk memudahkannya sehingga terasa makin praktis. Dengan begitu memudahkan pula untuk cara menghitung dosis obat ampul.

Menghitung Dosis Obat

  1. Cara hitung dosis obat pil atau tablet

Rumus praktis yang bisa diterapkan adalah order dokter atau berat tablet dibagi dengan sediaan obat. Total kandungan pada ampul, vial, kaplet, pil dan tablet dikenal dengan istilah sediaan obat. Contohnya kalau pasien hanya memerlukan obat tablet dengan dosis 250 mg sedangkan setiap tabletnya memiliki kandungan 500 mg maka Anda harus membaginya menjadi setengahnya. Cara menghitung dosis obat anak juga bisa menerapkan rumus tersebut. Pahami tips rumus menghitung dosis obat injeksi pdf agar memudahkannya.

Cara Menghitung Dosis Oba

  1. Cara hitung dosis obat sirup

Rumusnya adalah order obat dibagi dengan sediaan obat dan dikali pelarut. Contoh soal perhitungan dosis obat keperawatan ini adalah order sirup dari dokter 150 mg dan sediaan obatnya 300 mg dan pelarut 5 ml. Jadi yang harus Anda berikan kepada pasien adalah 150 dibagi 300 lalu dikali 5 sehingga menghasilkan dosis 2,5 ml. Penguasaan terhadap cara menghitung dosis obat ampul juga sangat penting.

  1. Cara hitung dosis obat serbuk

Cara perhitungannya sama dengan dosis obat sirup hanya saja dibebaskan untuk mengatur pelarut sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menerapkannya juga pada cara menghitung dosis obat puyer pada anak. Jadi perawat harus memahami kondisi pasiennya agar dosis obat yang diberikannya tetap tepat. Penting untuk dipahami cara menghitung dosis obat anak berdasarkan berat badan kalau mau memberikan kepada selain orang dewasa. Gunakan rumus menghitung dosis obat injeksi pdf supaya hasilnya akurat.

  1. Cara hitung dosis obat memakai alat

Obat ini diberikan kepada pasien melalui intravena di waktu panjang sehingga harus disesuaikan pemakaian alatnya seperti infuse dan syringe pump. Contoh perhitungan dosis ini Anda harus memahami rumusnya dan teliti supaya hasilnya benar-benar akurat. Penting pula untuk menguasai cara menghitung dosis obat ampul untuk mendukung kemampuan tersebut.

Awalnya mungkin terkesan sulit tetapi kalau sudah terbiasa maka akan terasa sangat mudah. Caranya dengan memiliki dan menguasai rumus menghitung dosis obat injeksi pdf.