Cara Menghitung Gaji Karyawan Dengan Tepat

Sebagai pekerja baik tetap maupun freelance, Anda wajib mengetahui besarnya gaji yang didapatkan. Masing-masing perusahaan menerapkan cara menghitung gaji karyawan swasta yang berbeda. Ada yang ditambahkan tunjangan namun beberapa juga tidak memberlakukan hal tersebut. Selain manual cara menghitung gaji karyawan bulanan dengan excel sering digunakan karena lebih praktis.

Rumus Menghitung Gaji Karyawan Secara Manual

Ada beberapa cara menghitung gaji pokok karyawan baik menggunakan program maupun secara manual. Cara menghitung gaji karyawan harian diterapkan pada pegawai non tetap karena dinilai lebih efisien. Namun sayangnya, kekurangan dari pegawai serabutan adalah tidak mendapatkan tunjangan. Berikut ini adalah jenis-jenis perhitungan yang digunakan oleh perusahaan.

Rumus Menghitung Gaji Karyawan

  1. Gaji pokok

Ini adalah gaji utama yang jumlahnya selalu tetap perbulan. Gaji pokok adalah pendapatan yang hanya diperuntukkan bagi pegawai tetap. Cara menghitung gaji pokok karyawan adalah dengan menghitung hari kerja, ada yang seminggu 5 kali dan 6 kali. Untuk mendapatkan hasilnya cara menghitung gaji karyawan secara manual lebih sering dipakai.

Cara Menghitung Gaji Karyawan Dengan Tepat

  1. Tunjangan atau uang intensif

Besarnya tunjangan yang diberikan kepada karyawan bergantung pada peraturan yang berlaku. Jenisnya pun beragam seperti tunjangan keluarga, kesehatan, komunikasi, dan lain-lain. Jadi cara menghitung gaji karyawan swasta dengan menjumlahkan gaji pokok dengan tunjangan. Ada juga link untuk download perhitungan gaji karyawan untuk memudahkan proses perhitungan.

Cara Menghitung Gaji Karyawan

  1. Potongan gaji

Perhitungan ini merupakan pengurang yang harus dihindari oleh pegawai. Nilainya bergantung pada kebijakan kantor, ada yang menerapkan namun tidak sedikit yang menganggap kesalahan kerja sebagai hal yang lumrah sehingga tidak perlu dibebankan kepada pekerja. Tipe potongan tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan, beberapa karena kewajiban membayar bpjs, pajak, koperasi, dan sebagainya. Cara menghitung gaji karyawan swasta adalah dengan mengurangi gaji pokok dengan potongan tersebut.

  1. Uang Lembur
Baca Juga  Cara Menghitung BEP (Break Event Point) yang Benar

Gaji intensif kadang dipisahkan dengan uang lembur karena jumlahnya berbeda. Cara menghitung gaji pokok karyawan tidak perlu ditambahkan dengan lemburan. Sementara rumus menghitung gaji karyawan dengan jam kerja tambahan adalah dengan mengalikan berapa kali lembur dengan besarnya upah yang ditetapkan oleh perusahaan.

Cara Menghitung Gaji Karyawan

Setelah tahu mengenai cara menghitung gaji karyawan swasta kini Anda bisa mengetahui kisaran pendapatan yang diperoleh jika bekerja sebagai pegawai. Kadang upah yang diperoleh kecil karena mempertimbangkan lamanya pengalaman kerja. Bagi yang masih fresh graduate, besarnya gaji pokok disesuaikan dengan UMR.

Cara menghitung gaji pokok karyawan sejatinya cukup mudah karena dapat dilakukan secara manual. Namun bila ingin lebih cepat karena jumlah pekerjanya banyak, maka cara menghitung gaji bersih bisa menggunakan Excel. Pajak dan juga dana bpjs kini menjadi tanggungan wajib yang harus dibayar oleh pegawai. Karena itu kadang upah yang mereka dapatkan berkurang karena iuran tersebut dibebankan kepada perusahaan.