Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

Bagi sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan skala besar, pasti membutuhkan laporan terperinci mengenai harga pokok penjualan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui laba atau rugi yang didapatkan. Cara menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan manufaktur, jasa, makanan, dan lain-lain cukup mudah dengan mengetahui penjualan bersihnya ditambahkan dengan biaya yang lainnya.

Pedoman Menghitung HPP untuk Perusahaan

Tahapan pertama adalah dengan menggunakan cara menghitung persediaan awal. Jumlah barang yang sudah tersedia juga mempengaruhi cara menghitung hpp perusahaan jasa. Potongan harga saat pembelian juga menentukan nilai HPP.

Saat melakukan pembelian, pastinya ada biaya yang dibebankan seperti angkut barang atau bahkan packing. Jadi cara menghitung pembelian bersih adalah dengan menjumlah keseluruhan dana tersebut. Pentingnya mempelajari cara menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan manufaktur adalah untuk mengetahui target keuntungan yang akan diraih setiap bulannya.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

  1. Menghitung HPP Perusahaan jasa

Meskipun sifatnya menjual produk dalam bentuk non fisik, tetap saja cara menghitung hpp perusahaan jasa dapat dilakukan. Caranya adalah dengan mengetahui persediaan barang lalu dikurangi dengan persediaan akhir. Hasil dari rumus tersebut diperoleh harga pokok penjualan untuk sebuah perusahaan.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

  1. Menghitung HPP perusahaan makanan

Terlebih dahulu harus mengetahui cara menghitung persediaan akhir sebelum melakukan proses terakhir. Banyaknya barang awal yang tersedia juga harus dijumlahkan. Sama seperti cara menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan manufaktur, pembelian bersih menjadi pedoman penentuan hpp. Selanjutnya data tersebut ditambahkan dengan persediaan awal.

  1. Menghitung HPP perusahaan manufaktur

Besarnya nilai HPP yang ditentukan sangat mempengaruhi untung rugi sebuah perusahaan. Jika penggunaan cara menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan manufaktur tidak tepat bisa mengakibatkan total penjualan lebih rendah dari pembelian. Kondisi ini jika berlangsung terus dapat membuat perusahaan menjadi drop. Untuk memahami perhitungannya bisa dengan melihat contoh soal harga pokok penjualan.

  1. Menghitung HPP perusahaan dagang
Baca Juga  Cara Menghitung NJOP yang Benar

Rumus yang digunakan untuk perhitungan sama dengan cara menghitung hpp perusahaan jasa dan hanya berbeda pada biaya tambahan atau pengurangan. Rumus hpp perusahaan dagang adalah dengan mencari tahu persediaan barang yang akan dijual dikurangi dengan persediaan akhir. Semua pembelian harus dihitung baik secara tunai maupun kredit. Data ini harus selalu dibuat perbulannya untuk dijadikan laporan agar bisa  dijadikan acuan perbaikan.

Setelah mengetahui langkah dan cara menghitung hpp perusahaan jasa, manufaktur, makanan, dan dagang, semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda terutama yang bekerja di bidang perdagangan. Bagi yang menerjuni industri resto, bisa menerapkan cara menghitung hpp makanan agar bisa mengatur keuangan dengan rapi. Karena berkaitan dengan banyak kepentingan pastikan semua data yang dimasukkan sesuai agar didapatkan nilai HPP yang sebenarnya.