Cara Menghitung HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan Tepat

Mungkin bagi kaum pria asing mendengar istilah HPHT atau hari pertama haid terakhir, tapi bagi kaum hawa hal ini penting untuk mengetahui kemungkinan kehamilan. Perlu dijadikan perhatian bahwa pengetahuan seputar hpht ini hanya untuk pasangan yang sudah menikah. Konon kabarnya memang sudah ada rumus menghitung hpht sehingga dapat diketahui secara pasti apabila seorang perempuan terlambat haid atau bisa juga untuk menentukan usia kehamilannya.

Hubungan HPHT dengan HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Mengapa hpht menjadi penting? Karena hpht seorang ibu hamil akan bisa dipakai untuk menentukan hari perkiraan lahir bayi dalam kandungannya. Rumus menghitung hpht akan berhubungan erat dengan hari perkiraan lahir. Yang nantinya bisa digunakan sebagai cara menghitung kelahiran bayi dengan tepat.

HPHT dapatdigunakanuntukmenghitunghariperkiraankelahiranbayidenganrumus

HPL (Hari Perkiraan Lahir) = Hari +7 ,Bulan -1 tahun tetap/ ditambah 1

Contoh : HPHT tgl 5 Agustus 2017 maka HPL = tgl 5+7=12, bulan Agustus-3=Mei, tahun 2017+1 = 2018 sehingga hari perkiraan lahir Anda tgl 12 Mei 2018

Cara Menghitung HPHT

Rumus menghitung hpht sudah banyak dibagikan di jejaring online, Anda mungkin juga bisa bertanya pada ibu ataupun saudara perempuan yang sudah pernah hamil. Karena memang untuk sebagian perempuan juga ada yang tidak aware dengan cara menghitung hari pertama haid terakhir dirinya. Hal itu penting juga untuk diketahui sebab siklus haid atau menstruasi tiap perempuan berbeda-beda, jadi tidak bisa cocok-cocokan satu sama lain.

Cara Menghitung HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan Tepat

Untuk pengertian hpht sendiri adalah hari pertama siklus haid seorang perempuan, sedangkan ovulasi terhitung sejak dua minggu setelah hpht. Bila Anda sudah menikah dan ingin segera mempunyai momongan, mungkin sebaiknya sejak sekarang Anda pelajari tentang rumus menghitung hpht.

Sebagai contoh hari pertama haid terakhir Anda adalah tanggal 2 Mei, berarti masa ovulasi akan dihitung sejak 14 hari setelahnya, yakni kurang lebih tanggal 16 Mei. Bagaimana apabila lupa hpht sendiri? Tenang, cara menghitung hpht lupa adalah dengan cara lama siklus haid dikurangi 14 hari, ini merupakan masa ovulasi Anda. Jika Anda masih kebingungan, sebaiknya gunakan kalkulator kehamilan online yang sudah banyak bisa didapatkan di internet.

Cara menghitung hpht lupa sebenarnya tidak ada, karena hpht itu berhubungan dengan ingatan, Anda hanya perlu mengingatnya. Yang dihitung adalah hari perkiraan lahir, hari perkiraan ini didapat dari hpht tadi. Sebaiknya mulai sekarang catat tanggal pertama haid Anda. Cara menghitung hpht pdf juga sudah banyak di internet.

Bila benar-benar lupa hpht, solusi cara menghitung hpht lupa hanya dengan memperkirakan saja, tidak perlu pusing. Karena kini teknologi sudah semakin maju. Dengan USG sebetulnya usia kandungan bisa sedikit diperkirakan. Cara menghitung hpht dan tp bisa langsung dicari di internet.

Cara menghitung hpht lupa tadi adalah sebagai gambaran saja untuk perkiraan lahir bayi Anda. Tetapi maju mundurnya kelahiran bisa saja terjadi. Maka dari itu sebaiknya memang dipersiapkan baik-baik segala sesuatunya, supaya lebih terencana.