Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Indeks Massa Tubuh atau IMT merupakan faktor penting yang harus Anda perhatikan dalam kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Anak-anak adalah salah satu yang wajib diperhatikan. Cara menghitung IMT anak sendiri tidaklah sulit. Saat ini pula terdapat banyak referensi di internet yang bisa Anda baca sendiri.

Pentingnya Indeks Massa Tubuh dan Cara Menghitungnya

Pengertian Indeks Massa Tubuh adalah sebuah sistem penilaian untuk mengukur apakah berat badan yang Anda miliki merupakan ideal atau tidak, sehat atau tidak. IMT sangat penting karena dapat menjadi acuan pola makan yang harus dikonsumsi seseorang. Cara menghitung IMT anak dan ibu hamil merupakan hal yang penting karena kesehatan mereka bergantung pada pola makan dan massa tubuh.

IMT menurut WHO memiliki tabel ukuran tersendiri dan tabel tersebut bisa Anda lihat di situs resmi milik WHO atau telah terdapat berbagai sumber referensi terpercaya yang bisa dicari melalui internet. Cara menghitung IMT anak cukup mudah dan begitu pula untuk ibu hamil.

Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

IMT mengukur apakah berat badan yang Anda miliki merupakan berat badan yang sehat atau tidak. Cara menghitung IMT ibu hamil terdapat tata caranya sendiri yang wajib diperhatikan. Ibu hamil memerlukan aturan khusus untuk hal tersebut. Anda bisa mengetahuinya dengan memahami rumus IMT dewasa.

Jika Anda ingin mengetahui cara menghitung IMT anak, maka caranya sangat mudah dan simpel. Berat badan sang anak dibagi dengan tinggi badan dikali tinggi badan anak. Lalu Anda akan dapat menemukan hasil IMT sang anak. Selain itu, Anda juga bisa melihatnya melalui tabel IMT yang telah tersedia di berbagai referensi internet.

Baca Juga  Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Benar

Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Sementara itu bagi para ibu hamil, untuk menghitung indeks massa tubuh caranya tidak begitu berbeda dengan menghitung IMT anak. Cara menghitung IMT ibu hamil sama persis yakni berat badan ibu dibagi dengan tinggi badan dan dikali tinggi badan ibu. Hasil IMT akan diperoleh kemudian. Cara menghitung BBI atau berat badan yang ideal terutama bagi ibu hamil yaitu dengan cara yang telah disebutkan. Hasilnya, apabila kurang dari 18,5 maka Anda kekurangan berat badan dan apabila hasilnya lebih dari 30 maka kelebihan.

Indeks Massa Tubuh menurut WHO sendiri jika hasil IMT lebih dari 30kg maka Anda dinyatakan obesitas. Namun, untuk negara Indonesia memiliki standar tersendiri karena standar WHO adalah menyeluruh dunia. Cara menghitung IMT ibu hamil akan menghasilkan hasil yang akurat karena tata caranya sama dengan pada umumnya.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai IMT dan cara menghitung IMT ibu hamil serta anak yang telah disampaikan. Cara menghitung ini sangat sederhana dan akurat sehingga hasilnya Anda bisa mengatur pola makan sehari-hari.