Cara Menghitung IP Address dan Subnet Mask Yang Benar

Jika Anda bekerja di bidang komunikasi terutama jaringan komunikasi, pasti sudah tidak asing dengan istilah-istilah yang digunakan di dalamnya seperti IP Address, subnet mask dan istilah-istilah lainnya. Selain mengenal istilah-istilahnya, Anda juga pasti mengetahui cara menghitung IP network dan subnet mask.

Menghitung IP Address dan Subnet Mask dengan Cepat dan Benar

Nah, bagi Anda yang mengetahui kedua istilah tersebut, IP Address adalah alamat yang digunakan dalam sebuah jaringan komunikasi. Sedangkan subnet mask juga sama-sama alamat yang digunakan dalam jaringan. Bedanya jika IP address menunjukkan alamat spesifik sedangkan subnet mask hanya alamat secara umum. Selain pertanyaan tentang cara menghitung IP network dalam subnetting yang biasanya juga ditanyakan adalah cara menghitung blok subnet.

Cara menghitung subnet mask dengan cepat beserta cara cepat menghitung IP address bisa dipelajari dengan mudah. Hal ini karena pada dasarnya, dalam subnetting hal dasar yang harus dikuasai ada 4, yakni mengetahui jumlah host per subnet, menghitung jumlah subnet, blok subnet dan alamat host serta broadcast yang valid.

Cara Menghitung IP Address dan Subnet Mask Yang Benar

Setelah menguasai cara menghitung IP network, hal lain yang harus dikuasai dalam jaringan komunikasi ini adalah subnetting yang termasuk dalam 4 hal di atas. Semuanya memiliki cara penghitungan yang berbeda. Namun untuk cara menghitung semua komponen itu, baik menghitung IP maupun dan cara menghitung Broadcast, Anda pasti membutuhkan IP dan tabel bilangan biner.

Cara Menghitung IP Address dan Subnet Mask Yang Benar

Selain itu, untuk bisa memahami cara menghitung subnet mask dengan cepat, selain memahami tabel bilangan biner, Anda juga harus mengetahui kelas IP Address dari subnet mask tersebut. Ada 3 kelas IP address yang umumnya digunakan, yaitu kelas A,B dan C. Misalnya Anda ingin menghitung subnetmask kelas C. Cara menghitung IP Address kelas C itu juga harus menggunakan subnet mask kelas C, yaitu 255.255.255.0

Baca Juga  Cara Menghitung Simpangan Baku (Standar Deviasi)

Dengan mengetahui masing-masing subnet mask yang digunakan pada masing-masing kelas, Anda bisa memahami cara menghitung subnet mask dengan cepat. Untuk bisa melakukan subnetting, Anda juga harus mengetahui cara menghitung CIDR. Dengan begitu, Anda bisa melakukan subnetting dengan lebih mudah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda harus bisa cara menghitung IP network terlebih dahulu untuk bisa melakukan subnetting. Cara penghitungan IP Address pada masing-masing juga berbeda sehingga akan mempengaruhi subnettingnya. Setelah mengetahui kelas pada IP Address, maka 4 persoalan yang berkaitan dengan subnetting di atas pun bisa Anda selesaikan dengan mudah. Diantara semua kelas IP address yang ada, penghitungan pada IP Address kelas C memang tergolong lebih sederhana.

Itulah tadi hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda hendak melakukan subnetting. Anda bisa melakukan cara menghitung subnet mask dengan cepat jika memperhatikan dan menguasai hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Sebagai tambahan, untuk memudahkan dalam melakukan penghitungan IP address, Anda bisa memanfaatkan aplikasi kalkulator IP address.