Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari yang Benar

Untuk mendapatkan berat ideal, tentu ada usaha yang perlu Anda lakukan. Selain berolahraga teratur Anda juga perlu mengatur pola makan alias diet. Sebelum melakukan diet, ketahuilah berapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori merupakan satuan unit energi. Cara menghitung kalori untuk diet tidaklah sulit. Ada rumus yang biasa digunakan sebagai rumus menghitung kalori. Dengan mengetahui berapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, maka Anda bisa menentukan metode diet yang tepat.

Cara Menghitung Kalori Tubuh

Sebelum menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan, terlebih dahulu harus mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh per hari. Sebelumnya Anda harus mengetahui dulu berapa basal metabolic rate (BMR) yang dibutuhkan. BMR adalah kalori harian yang dibutuhkan dalam kondisi tidak beraktivitas. Caranya yaitu bagi laki-laki = 66,4730 + (5,0033 x TB) + (13,7516 x BB) – (6,7550 x usia). Bagi wanita adalah 655,0955 + (9,5634 x BB) + (1,8496 x TB) – (4,6756 x usia). Dengan mengetahui rumus menghitung kalori tersebut, Anda mengetahui jumlah kalori total per hari.

Agar lebih lengkap, Anda bisa bandingkan hasil perhitungan kalori dengan table kebutuhan kalori manusia. Setiap orang memiliki Standar kalori per hari yang berbeda-beda. Tergantung juga pada berat badan dan tinggi badannya. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk diet Anda harus menghitung jumlah kalori harian yang dibutuhkan. Cara menghitung kalori untuk diet adalah dengan mengalikan kalori yang dibutuhkan dengan level aktivitasnya. Setelah itu baru tentukan berapa total kalori yang ingin dikurangi.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari

Jika sudah mengetahui berapa jumlah kalori harian yang dibutuhkan, Anda bisa sesuaikan dengan asupan makanan yang dikonsumsi. Cara menghitung kalori makanan tidaklah sulit. Anda tidak perlu menggunakan rumus menghitung kalori. Cukup lihat pada balik kemasan makanan, biasanya dibalik kemasan makanan tertera informasi gizi. Dari situ Anda bisa mengetahui berapa kalori yang terdapat pada makanan tersebut.

Dengan mengetahui jumlah kalori pada makanan, selanjutnya Anda bisa menghitung kalori jika ingin diet. Cara menghitung kalori untuk diet, sangat mudah. misalnya jumlah kalori harian adalah 2500 kkal, Anda  bisa memakan makanan yang memiliki kalori sebesar 2300 kkal, dengan begitu kalori akan dikurangi sebanyak 200 kkal. Itu artinya Anda sedang menurunkan berat badan atau diet. Ukuran tersebut bisa menjadi ukuran kalori per hari untuk diet.

Itulah cara mengetahui kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu dicermati bahwa kebutuhan kalori berdasarkan usia juga berbeda. Maka dari itu rumus menghitung kalori harus disesuaikan dengan usia. Dengan mengetahui kebutuhan kalori setiap hari, kita bisa mengetahui cara menghitung kalori untuk diet. Dengan perhitungan kebutuhan kalori yang benar, maka diet Anda akan lebih seimbang. Karena tujuan diet bukan sekadar mengurangi berat badan, tetapi agar tubuh tetap sehat.

Source :

cara menghitung kebutuhan kalori tubuh,diagram kalori yang dibutuhkan tubuh manusia,rumus menghitung kalori per hari