Cara Menghitung Keliling Lingkaran yang Benar

Anda masih kesulitan menemukan rumus luas lingkaran? Atau Anda kesulitan menemukan contoh soalnya? Maka Anda akan menemukannya di sini. Untuk mengetahui luas sebuah lingkaran maka yang perlu diketahui adalah jari-jari atau diameter lingkaran. Tidak perlu bingung dan bimbang bila menemui soal tentang luas lingkaran ataupun keliling lingkaran. Karena pada dasarnya semua bisa dicari jawabannya. Simak terus artikel ini untuk tahu penjelasan menghitung luas lingkaran.

Menghitung Keliling Lingkaran Bukan Hal yang Sulit

Banyak yang bingung bahkan mungkin ragu untuk menjawab ketika mendapat soal keliling lingkaran jika diketahui luasnya. Padahal untuk mengetahui jawabannya sangat mudah apalagi bila sudah tahu rumus luas lingkaran. Bila masih ada yang belum tahu rumusnya adalah ᴫ.r2(baca: phi dikali r kuadrat).

Cara Menghitung Keliling Lingkaran yang Benar

Berikut penjelasan rumus luas lingkaran di atas. Phi mempunyai jumlah tetap yakni 22/7 atau 3,14. simbol phi ini mewakili dua bilangan tersebut. Phi khusus digunakan untuk menghitung rumus luas lingkaran atau segala hal yang berhubungan dengan contoh soal menghitung lingkaran.

Rumus Menghitung Keliling Lingkaran

Bila di atas sudah dijelaskan tentang rumus luas lingkaran. Setelah ini akan dijelaskan mengenai cara menghitung keliling lingkaran. Untuk menghitungnya Anda butuh rumus mencari keliling lingkaran. Rumusnya adalah 2.ᴫ.r (2 x phi x r atau jari-jari). Apa itu jari-jari? Jari-jari adalah setengah diameter atau garis tengah yang membagi lingkaran.

Rumus Menghitung Keliling Lingkaran

Apabila sudah paham semua rumus dan istilahnya maka kini saatnya Anda lihat contoh soal keliling lingkaran. Misal diketahui jari-jari lingkaran 28 meter. Berapa kelilingnya? Masukkan rumus 2.ᴫ.r. maka hitungannya adalah 2 x 22/7 x 28, hasilnya adalah 176 meter. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Rumus jari-jari lingkaran apabila hanya diketahui diameter adalah 1/2.diameter (setengah dikali diameter), karena jari-jari merupakan setengah dari diameter.

Baca Juga  Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Benar

Contoh soal keliling lingkaran yang lain pastinya akan lebih mudah Anda ketahui jawabanya apabila sudah mengerti rumusnya. Contohnya adalah soal di atas tadi. Yang perlu dijadikan catatan adalah ᴫ=22/7 hanya dipakai saat jari-jari diketahui bisa dibagi 7. apabila tidak, langsung gunakan ᴫ=3,14. Rumus keliling setengah lingkaran mudah saja, ketika Anda sudah menemukan kelilingnya tinggal dibagi 2 atau sederhananya adalah ᴫ.r itu saja.

Contoh soal keliling lingkaran sudah cukup bisa menjelaskan setengah keliling lingkaran, bisa juga untuk mencari luas lingkaran. Tapi apabila Anda bertanya rumus volume lingkaran jawabannya tidak ada, karena lingkaran tidak memiliki volume. Yang memiliki volume dan berbentuk lingkaran adalah bola. Tentu saja mencari volume bola akan ada rumus tersendiri berbeda dengan lingkaran.

Semoga contoh soal keliling lingkaran di atas dapat membantu Anda menyelesaikan soal-soal lain terkait lingkaran. Belajar soal sebanyak adalah salah satu cara supaya dapat menambah pemahaman Anda terkait rumus-rumus lingkaran.