Cara Menghitung KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) Yang Benar

Kriteria ketuntasan minimal merupakan aspek yang penting dalam Pendidikan. KKM digunakan untuk menentukan seberapa baik kualitas seorang murid pada setiap mata pelajaran yang diberikan di sekolah.  KKM adalah kriteria batas nilai terendah yang diberikan kepada peserta didik. Cara menentukan KKM SMP harus mempertimbangkan kemampuan rata-rata siswa di sekolah SMP tersebut. Cara menentukan KKM kurikulum 2013 setidaknya harus memikirkan 3 aspek, yaitu karakteristik mata pelajaran, karakteristik peserta didik, dan kondisi satuan Pendidikan.

Langkah-Langkah Menentukan KKM

Biasanya KKM setiap mata pelajaran itu berbeda-beda, tergantung kesulitan pada setiap mata pelajaran. Ada beberapa langkah cara menentukan KKM ktsp. Pertama cara menentukan KKM kurikulum 2013 adalah hitung terlebih dahulu jumlah kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Tentukan pula nilai untuk setiap aspek sesuai dengan kemampuan masing-masing aspek.

Cara menghitung KKM per indicator adalah dengan menghitung nilai setiap aspek. Misalnya aspek karakteristik mata pelajaran, semakin kompleks atau sulit mata pelajaran maka nilai kompetensi dasarnya semakin rendah. Dan begitu juga sebaliknya semakin mudah mata pelajaran maka nilainya semakin tinggi. Lalu hitung aspek karakteristik peserta didik, semakin tinggi kemampuan siswa maka nilainya semakin tinggi. Lalu semakin tinggi kondisi satuan Pendidikan maka nilainya juga semakin tinggi.

Cara Menghitung KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) Yang Benar

Setelah menghitung semua nilai kompetensi dasar per aspek, maka cara menentukan KKM smp selanjutnya adalah jumlah nilai setiap aspek dibagi 3 untuk menentukan KKM setiap kompetensi dasar. Cara menghitung KKM ktsp SMP berikutnya jumlahkan seluruh KKM kompetensi dasar selanjutnya dibagi dengan jumlah kompetensi dasar  untuk menentukan KKM mata pelajaran.

Agar lebih mudah Anda bisa mencari rumus cara menghitung KKM dengan excel. Menghitung KKM dengan bantuan excel akan memudahkan Anda. Sehingga cara menentukan KKM smp tidak perlu dihitung secara manual.

cara menentukan KKM kurikulum 2013 adalah guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan ketiga aspek tersebut. Selanjutnya hasil penetapan KKM oleh guru disahkan oleh kepala sekolah sebagai acuan guru untuk memberikan penilaian. Apabila pada tahap ini terjadi kesalahan, maka guru harus merevisi nilai KKM tersebut. guru harus mengetahui cara menentukan KKM kurikulum 2013 revisi. Setelah di revisi baru kemudian nilai KKM disosialisasikan kepada peserta didik, orang tuan murid, dan dinas Pendidikan.

Demikianlah beberapa langkah cara menentukan KKM SMP. Yang terpenting dalam cara menentukan KKM kurikulum 2013 hitung dengan benar kompetensi dasar setiap mata pelajaran dan tentukan nilai setiap aspek, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek. Harus diketahui bahwa nilai KKM setiap mata pelajaran pasti berbeda. Tergantung dari peserta didik, kompleksitas dan pendukungnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mencari informasi mengenai cara menentukan kkm pdf. Dengan begitu Anda tidak akan salah dalam menentukan KKM.