Cara Menghitung Kubikasi Kayu dan Pasir yang Benar

Bagi Anda yang ingin berbisnis di bidang material bangunan, sangat penting untuk mengetahui cara menghitung volume kayu dan pasir. Karena volume kayu adalah hal yang menentukan harga kayu tersebut. cara menghitung kubikasi kayu balok tidak terlalu sulit. Begitu juga apabila ingin menghitung kubikasi pasir. Cara menghitung kubikasi pasir tidak jauh berbeda dengan cara menghitung volume kubus pada rumus matematika.

Bagaimana mengetahui volume kayu dan pasir?

Untuk mengetahui volume kayu, terlebih dahulu ketahui rumus menghitung kubik. Rumus ini akan dipakai ketika Anda ingin mengetahui kubikasi kayu atau volume. Rumus kubik adalah PxLxT : 10.000 = nilai kubikasi. Cara menghitung kubikasi kayu balok bisa menggunakan rumus kubikasi tersebut. Rumus tersebut berlaku dan diterapkan pada semua jenis kayu.

Pada kayu sengon pengukuran biasanya dilakukan ketika kayu belum ditebang. Sehingga cara menghitung kubikasi kayu sengon sama seperti rumus untuk menghitung kayu berdiri. Tidak menggunakan cara menghitung kubikasi kayu balok. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengukur kayu ini, antara lain topografi lahan, usia pohon, dan jumlah pohon real. Karena semua faktor tersebut bisa mempengaruhi perhitungan kayu.

Cara Menghitung Kubikasi Kayu dan Pasir yang Benar

Mengukur kayu yang sudah menjadi balok tentu akan lebih mudah dari pada kayu yang masih berdiri. Atau belum ditebang. Anda membutuhkan alat bantu berupa hand counter, yang mampu menghitung total populasi pohon. Lalu cara menghitung diameter kayu adalah dengan melilitkan meteran kain pada pohon. Setelah itu ukur tinggi pohon, dan total pohon yang akan ditebang.

Cara menghitung kubikasi kayu berdiri adalah dengan rumus 3,14xrxrxtx jumlah potongan. Dimana r merupakan jari-jari atau setengah dari diameter. Kemudian kalikan dengan tinggi pohon dan jumlah potongan atau kayu yang akan ditebang. Untuk tinggi pohon bisa dihitung sekitar 260 cm, karena pada umumnya itu adalah tinggi pohon yang akan dijadikan kayu produksi.

Biasanya dalam menghitung kubikasi, agar lebih mudah Anda bisa menggunakan table kubikasi kayu. Pada table tersebut sudah ada ukuran volume kayu, Anda tinggal melihat saja. Cara menghitung kubikasi pasir juga sangat mudah. Namun, ada sedikit perbedaan ketika menghitung pasir didalam truk dengan pasir di atas tanah.

Cara menghitung volume pasir bisa dilihat dengan cara mengukur panjang dan lebar bak truk, lalu ukur ketinggian pasir. cara menghitung volume tumpukan pasir untuk 1m3 pasir diatas tanah bisa menggunakan alat bantu berupa kotak kayu berukuran panjang,lebar, dan tinggi sebesar 1m. itulah cara menghitung kubikasi pasir dengan sederhana.

Itulah rumus singkat sebagai cara menghitung kubikasi kayu balok. Dengan mengikuti panduan di atas diharapkan bisa menambah keterampilan Anda dalam mengukur kayu. Untuk memudahkan cara menghitung kubikasi pasir Anda juga bisa menggunakan rumus yang telah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat.