Cara Menghitung Laju Inflasi Dengan Tepat

Masyarakat Indonesia, baik yang bekerja di bidang bisnis ataupun tidak, pasti sudah tidak asing dengan istilah inflasi. Ya, hal ini karena kondisi ekonomi di Indonesia yang tidak stabil membuat inflasi sering terjadi di Indonesia. Untuk menghindari dampak yang lebih jauh, Anda juga bisa menerapkan cara menghitung laju inflasi bulanan.

Cara Menghitung Laju Inflasi Bulanan Maupun dengan GDP Deflator

Nah, sebelum mengetahui bagaimana metode perhitungan inflasi yang benar, Anda juga harus mengetahui tentang apa itu inflasi. Inflasi ini bisa diartikan sebagai satu proses dimana harga-harga mengalami peningkatan secara umum dan berlangsung terus menerus yang mana kenaikan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor yang tidak menentu ini membuat Anda harus bisa cara menghitung laju inflasi bulanan untuk menghindari dampak dari kenaikan ini lebih parah.

Untuk menghitung inflasi, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Secara umum ada tiga cara perhitungan inflasi yang bisa diterapkan untuk menghitung kenaikan harga ini. Namun sebelum bisa menghitung inflasi ini, akan lebih mudah jika Anda terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara menghitung IHK. Hal tersebut karena IHK dan inflasi memiliki keterkaitan yang erat.

Cara Menghitung Laju Inflasi Dengan Tepat

Sudah disebutkan sebelumnya jika untuk mengukur laju inflasi, ada tiga cara perhitungan inflasi yang bisa digunakan. 3 cara mengukur laju inflasi itu antara lain dengan : 1) membandingkan rata-rata per tahun (tahunan), 2) membandingkan inflasi antara bulan ini dengan bulan yang sama namun di tahun sebelumnya, 3) membandingkan antara bulan saat ini dengan bulan sebelumnya.

Cara Menghitung Laju Inflasi Dengan Tepat

Mengapa dalam menghitung inflasi Anda diharuskan menghitung IHK terlebih dahulu. Hal ini karena IHK (Indeks Harga Konsumen) adalah harga rata-rata baik jasa maupun barang yang dikonsumsi oleh konsumen rumah tangga. Keduanya saling berkait karena inflasi tentu akan mempengaruhi IHK. Oleh karena itu, jugalah diperlukan cara menghitung laju inflasi bulanan.

Baca Juga  Cara Menghitung Keliling Lingkaran yang Benar

Nah, untuk memahami laju inflasi termasuk dengan  cara menghitung laju inflasi bulanan, Anda bisa berlatih dengan mengerjakan berbagai contoh soal laju inflasi dan pembahasannya. Dengan mengerjakan contoh-contoh soal ini, Anda bisa memahami tentang inflasi dan cara perhitungannya dengan lebih baik.

Cara Menghitung Laju Inflasi Dengan Tepat

Nah, selain tiga cara perhitungan inflasi yang sudah disebutkan di atas, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghitung laju inflasi, yaitu dengan GDP Deflator. GDP (Gross Domestic Product) atau yang lebih dikenal dengan Produk Domestik Bruto ini adalah total atau jumlah produk, baik barang atau jasa, yang dihasilkan oleh unit produksi di wilayah domestik atau di dalam negeri dalam satu tahun. Penghitungan laju inflasi dengan cara menghitung laju inflasi dengan GNP Deflator ini akan memudahkan saat menghitung inflasi di periode tertentu.

Agar bisa memahami penghitungan inflasi dengan metode ini, Anda juga bisa melakukannya dengan berlatih mengerjakan contoh menghitung inflasi beserta jawabannya. Penghitungan laju inflasi, baik dengan tiga cara perhitungan inflasi maupun dengan GDP Deflator di atas adalah cara menghitung indeks inflasi yang ekuivalen.

Source :

rumus menghitung laju inflasi