Cara Menghitung Logaritma Dengan Mudah

Cara menghitung penjumlahan logaritma dijabarkan sebagai operasi matematika yang merupakan kebalikan dari pemangkatan atau eksponen. Metode ini kerap kali membantu dalam pemecahan persamaan apabila pangkatnya tidak diketahui. Oleh karena itu, logaritma sangat diandalkan dalam solusi untuk menentukan integral. Dengan memahami cara menghitung logaritma pangkat maka Anda tidak memerlukan kalkulator dan hasilnya tetap akurat.

Cara Menghitung Logaritma Secara Mudah

Bagaimana cara menghitung logaritma pecahan tanpa mengandalkan kalkulator? Caranya dengan mengerti sifat dari logaritma tersebut. Anda harus bisa memahami empat nilai dasarnya dan memahami metode interpolasi linier. Secara umum rumus logaritma yang sering digunakan adalah Log 2 = 0,301, Log 3 = 0,477, Log 5 = 0,699 dan Log 7 = 0,845. Itulah empat nilai dasar logaritma yang harus dipahami sejak awal. Meskipun Anda bisa mengandalkan cara menghitung log dengan kalkulator.

Melakukan perhitungan logaritma tanpa memakai kalkulator malah mempunyai tingkat akurasi lebih tinggi hingga 100 persen. Dengan begitu, hasil perhitungannya hampir tepat khususnya menghitung logaritma dengan angka relatif kecil. Namun, kalau numeriknya besar biasanya tingkat akurasinya terbilang rendah. Jadi  ada kekurangan dan kelebihan tersendiri kala menerapkan cara menghitung logaritma pangkat. Kondisi itu pun akan terjadi kala cara menghitung log 40.

Menghitung Logaritma

Cara mengerjakan logaritma perkalian ini dimanfaatkan beragam bidang kehidupan sebab terkait dengan ilmu lainnya. Bila terdapat persamaan dengan pangkat yang tidak diketahui maka logaritma diandalkan untuk memecahkan kondisi tersebut. Penting juga guna memahami lebih dalam terkait cara menghitung logaritma pecahan.

Cara Menghitung Logaritma Dengan Mudah

Perpangkatan atau notasi eksponen dapat diterjemahkan dengan bentuk log. Semisal 3 pangkat 2 = 9 yang biasanya ditulis dengan 3 log 9 = 2. Nah, dengan mengerti betul materi tersebut sangat membantu Anda ketika mengerjakan operasi eksponen seperti aljabar. Oleh karena itu, pemahaman tentang cara menghitung logaritma pangkat sangat diperlukan. Cara perhitungan ini memang bisa diselesaikan dengan kalkulator tapi kalau mengerti cara perhitungannya sebenarnya begitu mudah mengerjakan soal logaritma.

Penting untuk diingat kembali adalah memahami empat nilai dasar logaritma dan cara interpolasi linier. Dengan begitu bisa juga membantu cara menghitung logaritma desimal. Supaya lebih mudah ketika mengerjakan cara menghitung logaritma pecahan. Definisi dari logaritma pada suatu bilangan bisa ditunjukkan sebagai berikut.

glog a = p kalau dan hanya kalau a = gp

G merupakan bilangan pokok dari logaritmanya, a adalah bilangan yang harus dicarikan logaritmanya sedangkan p itu hasil eksponen (logaritma). Dengan menggunakan definisi tersebut bisa diketahui jika logaritma merupakan invers atau perpangkatan dari eksponen. Dengan rumus sederhana itu nantinya bisa dikembangkan dalam cara menghitung logaritma pecahan.

Nah, dengan memahami cara menghitung logaritma pangkat maka sangat memudahkan dalam pengerjaan setiap soal. Kalau kesulitan bisa juga memanfaatkan cara menghitung log dengan kalkulator biasa.