Cara Menghitung Luas Lingkaran yang Benar

Mungkin Anda sudah pernah bahkan sering membaca artikel tentang rumus luas lingkaran diameter tapi belum juga paham, maka sebaiknya Anda baca ini. Di sini tidak hanya akan dibagikan rumusnya saja tetapi juga contoh soalnya seperti cara cepat menghitung luas pipa dan lainnya. Cara menghitung luas lingkaran sebenarnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu memperbanyak latihan soal saja, supaya lebih lancar dalam penghitungan. Semua hanya perlu dibiasakan.

Cara Mudah Mempelajari Rumus Lingkaran

Rumus luas bidang lingkaran sama saja dengan rumus lingkaran yang pastinya dapat dengan mudah Anda dapatkan di buku-buku matematika maupun di web-web yang membahas masalah itu. Tapi di sini tidak hanya akan ada rumus saja melainkan contoh soal luas lingkaran juga akan disertakan di dalamnya. Berikut penjelasannya di bawah ini.

Cara Menghitung Luas Lingkaran yang Benar

Bagi Anda yang belum tahu, rumus luas lingkaran adalah ᴫ.r2 (dibaca : phi dikali kuadrat jari-jari). Contoh soal luas lingkaran sebagai berikut. Diketahui diameter sebuah lingkaran adalah 40 meter maka cari luas lingkaran. Karena phi selalu tetap, yakni 3,14 atau 22/7 maka phi tidak perlu diketahui. Dengan hanya tahu diameter ataupun jari-jari maka Anda bisa mencari luas lingkaran tersebut.

Rumus Cara Menghitung Luas Lingkaran

Pertama Anda harus cari jari-jarinya. Jari-jari lingkaran sama dengan ½ diameter, jadi jari-jarinya adalah 20 meter. Berarti luas lingkaran adalah 3,14 x 202= 1256 meter2, bagaimana masih ingin contoh soal yang lain? Sepertinya tidak perlu karena contoh soal luas lingkaran tadi sudah cukup jelas. Bila ada yang menanyakan rumus diameter lingkaran, maka jawabannya tidak lain adalah 2 x jari-jari lingkaran.

Rumus Cara Menghitung Luas Lingkaran

Rumus luas setengah lingkaran sebetulnya tidak ada, Anda tetap harus mencari luas lingkaran utuh terlebih dahulu setelah itu baru dibagi 2 atau dikalikan ½ sama saja. Contoh soal luas lingkaran di atas hanya sebagai gambaran bahwa mencari luas lingkaran tidaklah sulit. Hanya perlu dipelajari.

Baca Juga  Cara Menghitung Tetesan Infus Mikro dan Makro

Bila Anda menemukan soal rumus luas lingkaran diameter pun, pasti bisa mengerjakan bila sudah paham rumusnya. Contoh di atas mewakili rumus tersebut. Contoh soalnya paling-paling seputar cari luas lingkaran dengan hanya diketahui diameternya, jari-jarinya, ataupun kelilingnya. Semua dapat dihitung dan ditemukan jawabannya asal Anda paham rumus. Yang pasti tidak ada ialah rumus volume lingkaran.

Rumus luas lingkaran diameter maksudnya adalah rumus luas lingkaran yang hanya diketahui diameternya. Sama saja, rumusnya akan tetap ᴫ.r2tidak akan berbeda. Jadi sekali lagi Anda tidak perlu bingung atau takut menghadapi soal matematika.

Semoga penjelasan tentang rumus luas lingkaran diameter di atas dapat membantu Anda memahami tentang cara-cara menghitung luas lingkaran dan kelilingnya. Anda hanya perlu menghafal rumus dan kerjakan latihan-latihan soal supaya lebih mudah ketika mengerjakan soal ujian.