Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Benar

Pada dasarnya bentuk luas tanah tidak selalu persegi. Bahkan ada yang berbentuk tidak beraturan, hal inilah yang kadang menyulitkan cara menghitung luas tanah di sertifikat. Cara menghitung luas tanah yang teratur tentu berbeda dengan cara menghitung luas tanah tidak beraturan. Untuk menambah pengetahuan Anda berikut akan diberikan cara-cara mengukur tanah pada berbagai ukuran.

Cara Menghitung Luas Tanah Pada Berbagai Bentuk

Bentuk tanah bermacam-macam, ada yang persegi yang paling banyak kita kenal. Ada juga yang bentuknya lingkaran bahkan ada yang berbentuk segitiga dan trapesium. Bentuk seperti ini tentu mengakibatkan panjang dan lebar tanah tidak sama. Ada teknik tersendiri sebagai cara menghitung luas tanah yang panjang dan lebarnya tidak sama. Selain itu untuk lebih jelas Anda juga bisa mencari tahu mengenai cara menghitung luas tanah download di internet.

Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Benar

Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Benar

  1. Cara menghitung tanah segitiga

Tanah segitiga memang tidak mudah menghitung berapa luasnya. Namun tidak perlu khawatir ada cara menghitung luas tanah tidak beraturan ini. cara menghitung luas tanah segitiga yaitu dengan menggunakan rumus segitiga, 1/2 x alas x tinggi. Atau jika tanahnya berbentuk segitiga sembarang bisa gunakan rumus L = √ [s x (s-a) x (s-b) x (s-c)]. Dimana s adalah setengah keliling segitiga, dan abc adalah panjang sisi segitiga.

  1. Rumus tanah trapesium

Terkadang ada tanah yang berbentuk trapesium. Cara menghitung luas tanah trapesium bisa menggunakan rumus sederhana. Cara menghitung luas tanah di sertifikat pada tanah yang memiliki bentuk trapesium sangat mudah. Bisa dengan  menggunakan rumus bangun trapesium seperti yang pernah dipelajari di sekolah dasar dahulu. Yaitu L= jumlah rusuk sejajar x tinggi : 2.

  1. Menghitung luas tanah persegi
Baca Juga  Cara Menghitung Akar kuadrat Secara Manual

Cara menghitung luas tanah persegi adalah yang paling mudah. Nah, sebagian besar tanah memang memiliki bentuk persegi, rumus luas persegi pasti sudah sangat dihafal. Jika memiliki tanah dengan bentuk persegi, memang paling mudah mengetahui berapa luasnya. Sehingga cara Cara menghitung luas tanah di sertifikat pada tanah persegi tidak akan mengalami kendala. Adapun menghitung luas tanah bentuk persegi adalah sisi x sisi.

  1. Luas tanah persegi panjang

Cara menghitung luas tanah tidak beraturan lainnya adalah pada bentuk tanah persegi panjang. Cara menghitung luas tanah persegi panjang sangat mudah. Sama seperti menghitung luas bangun persegi, yaitu panjang x lebar.

Apabila cara menghitung luas tanah tidak beraturan secara manual cukup sulit, jangan khawatir karena sekarang ada teknologi gps yang bisa membantu. Cara menghitung luas tanah dengan gps akan memudahkan Anda. Hasil pengukurannya akan lebih akurat. Karena gps bisa mengetahui penyusutan ukuran tanah tersebut. Cara menghitung luas tanah di sertifikat pun akan lebih tepat.