Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Benar

Memiliki keturunan tentu dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Untuk itu tak jarang setiap pasangan yang baru menikah langsung melaksanakan program kehamilan. Salah satu caranya biasanya adalah dengan menghitung masa subur. Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil adalah cara yang paling umum dilakukan.

Rumus Menghitung Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi

Ada beberapa cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil yang bisa Anda praktekan sendiri. Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu masa subur dan kapan masa subur wanita setelah selesai haid. Untuk itulah Anda juga harus mengetahui siklus haid Anda, yakni hari pertama sampai haid berikutnya dengan jangka waktu 21-35 hari. Diantara siklus haid yang dialami wanita inilah terdapat masa subur. Ketika terjadi pembuahan di masa subur ini, maka wanita bisa hamil.

Hal sebaliknya, ketika dalam masa subur ini sel telur tidak dibuahi maka sel telur itu akan meluruh dan menyebabkan terjadinya menstruasi. Karena itulah wanita harus mengetahui bagaimana rumus menghitung masa subur agar bisa merencanakan kehamilan. Pertanyaan yang sering muncul biasanya adalah masa subur wanita berapa hari setelah selesai haid yang dialami oleh wanita.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Benar

Setiap wanita memiliki masa subur yang berbeda-beda, karena siklus haid yang dialami juga berbeda. Maka dari itu cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil harus dimulai dengan menghitung siklus haidnya. Anda harus mengetahui siklus terpanjang hingga siklus terpendek dari siklus menstruasi Anda. Jika sudah menghitung siklus menstruasi Anda, selanjutnya Anda bisa menghitung perkiraan masa suburnya.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Benar

Rumus menghitung masa subur wanita adalah dengan mengurangi 18 hari dari siklus menstruasi terpendek untuk mendapatkan hari awal atau pertama masa subur. Sedangkan untuk mendapatkan hari akhir masa subur adalah dengan mengurangi 11 hari dari siklus terpanjang haidnya. Rumus ini juga bisa diterapkan untuk menghitung masa subur haid tidak teratur.

Baca Juga  Cara Menghitung Pendapatan Nasional yang Benar

Untuk memudahkan penghitungannya, cara menghitung masa subur dengan kalender berikut bisa Anda terapkan. Misalnya, siklus terpendek adalah 22 hari, bisa diprediksikan, hari pertama masa subur adalah hari ke 4 setelah haid. Kemudian dari siklus terpanjang, misalnya 28 hari, hari ke 17 setelah haid pertama adalah batas akhir masa subur. Ini adalah rumus menghitung masa subur yang paling mudah.

Masih ada beberapa cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil lainnya. Selain menggunakan rumus siklus haid, ada juga cara menghitung masa subur wanita sebelum haid. Cara ini pada dasarnya menerapkan prinsip yang sama dengan cara di atas.

Para pasangan yang melakukan program kehamilan biasanya tidak hanya menggunakan rumus menghitung masa subur dari siklus menstruasi saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tak jarang para pasangan ini juga menggunakan cara menghitung masa subur pria.