Cara Menghitung Matematika Dengan Cepat

Kalau memahami trik-triknya maka matematika bisa menjadi sangat menyenangkan. Salah satunya cara berhitung cepat untuk anak yang ternyata sangat mudah dipelajari bahkan bisa menerapkan cara menghitung cepat dengan jari tangan. Bagaimana caranya?

Trik Menguasai Matematika Secara Praktis

Ternyata untuk bisa jago matematika tidak sesulit yang dibayangkan. Anda tidak memerlukan kalkulator untuk mengalikan, membagi, menambah atau mengurangi bilangan dalam jumlah banyak sekalipun. Caranya sangat mudah diikuti sehingga setiap orang bisa cepat menguasainya. Metode itu sangat bisa diandalkan sebagai cara menghitung cepat pertambahan dan sebagainya. Dengan trik tersebut maka menjadikan cara menguasai rumus cepat matematika semakin menyenangkan.

  1. Perkalian angka 9

Cara berhitung cepat untuk anak ini unik dimana kalau dikalikan dengan 1 hingga 10 maka kalau dijumlahkan setiap digitnya nilainya adalah 9. Jika angka 9 dikalikan berurutan mulai dari 1 sampai 10 maka digit pertama nilainya akan semakin besar. Sebaliknya untuk digit kedua nilainya semakin kecil. Agar lebih mudah menggambarkannya adalah kalau 9×1=09, 9×2=18, 9×3=27 dan seterusnya. Jadi cara menghitung cepat tanpa kalkulator ini layak dikuasai dan berguna untuk cara menghitung cepat pertambahan.

Cara Menghitung Matematika Dengan Cepat

Metode cara berhitung cepat untuk anak lainnya dengan memberi nomor di jari. Penomoran pada jempol kiri dibubuhkan angka 1-10 pada jempol tangan kanannya. Kalau 3×9 maka tinggal menekuk jari pada nomor ketiga. Lalu lihatlah jari bagian kiri yang sudah ditekuk tersebut perlambang angka puluhan. Di belakang jari yang ditekuk ada dua buah maka diartikan sebagai 20. Kemudian jumlah jari sebelah kiri setelah jari yang dilipat berjumlah tujuh. Jadi bisa disimpulkan kalau jawaban dari perkalian di atas adalah 27. Trik cara menghitung cepat pertambahan juga bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Menghitung Matematika Dengan Cepat

  1. Perkalian dengan angka 6, 7, 8, 9

Cara cepat menghitung perkalian dalam 5 detik ini sangat populer karena paling banyak penggunanya. Biasanya cara ini sudah diajarkan di SD dan terbukti sangat akurat hasilnya. Anda bisa membuat angka imajinasi di setiap jemari telapak tangan. Mulailah dengan menandai jari manis menggunakan angka 6 sampai dengan jempol yang diberikan angka 10. Semisal Anda mau mengetahui hasil perkalian dari 7×8 tinggal menyatukan kedua jari sesuai angkanya. Cara berhitung cepat untuk anak ini mudah dipelajari.

Nomor yang berada di bawah dari jari yang disentuhkan merupakan bilangan puluhan dan terlihat angka 5 sebagai bilangan 50. Selanjutnya mengalikan sisa jemari di  sisi atas guna menghasilkan bilangan satuan. Jadi ada tiga jadi pada tangan kiri dan dua jemari di kanan jadi kalau dikalikan  adalah 6. Hasilnya digabungkan menjadi 56. Cara menghitung cepat pembagian juga mudah dilakukan dengan jemari.

Dengan metode itu maka sangat mudah menerapkan cara cepat menghitung perkalian ratusan. Apalagi untuk cara menghitung cepat pertambahan pastinya lebih mudah.