Cara Menghitung Nilai IP dan IPK

Prestasi yang diraih oleh seorang mahasiswa bisa dilihat dari indeks prestasi atau disingkat dengan IP. Sejatinya ada dua jenis IP yang dikenal dalam dunia perkuliahan yaitu persemester dan komulatif. Untuk memulai cara menghitung ips Anda harus mengetahui angka dari nilai yang didapatkan. Besarnya sks yang diambil juga mempengaruhi IP semester yang diperoleh. Hasil dari perhitungan ini sangat menentukan berapa jumlah mata kuliah yang dapat diambil selanjutnya. Karena itulah banyak mahasiswa yang berlomba mendapatkan nilai ip tertinggi agar bisa cepat wisuda.

Tahapan Menghitung IPS dan IPK yang Wajib Diketahui

Tahapan menghitung ipk online, sudah disediakan oleh instansi pendidikan tempat Anda kuliah. Untuk mengaksesnya dengan mengisikan nomor induk mahasiswa dan password. Disitu langsung bisa diketahui berapa IP sementara yang diperoleh. Jika nilai mata kuliah ada yang belum keluar, sebaiknya ketahui penyebabnya agar tidak mendapatkan K. Adapun tahapan dan cara menghitung ipk akhir kuliah adalah:

Cara Menghitung Nilai IP dan IPK

  1. Mengalikan nilai dan SKS

Nilai yang didapatkan persemesternya biasanya berupa huruf A,B,C,D, dan E. A memiliki nilai 4, B adalah 3, C berarti 2, D nilainya 1, dan E terendah yaitu 0. Cara menghitung ips adalah mengalikan angka tersebut dengan jumlah sks atau pada kolom disebut dengan MUTU. Untuk mendapatkan nilai ipk yang bagus, maka permata kuliah angkanya harus tinggi.

Cara Menghitung Nilai IP dan IPK

  1. Menjumlahkan MUTU dan SKS

Menghitung ipk online sejatinya lebih mudah dan terpercaya. Setelah melakukan tahapan diatas, selanjutnya jumlahkan MUTU dan total SKS per semester. Cara menghitung ipk ui dan universitas lain adalah sama. Indeks prestasi tertinggi yaitu 4 dan ini merupakan raihan prestasi yang sempurna.

  1. Jumlah MUTU dibagi total SKS
Baca Juga  Cara Menghitung BEP (Break Event Point) yang Benar

Hasil akhir dari cara menghitung ips adalah dengan membagi jumlah MUTU dengan total SKS. Misalnya jumlahnya adalah 100 sementara SKS yang diambil sebanyak 30, maka IPS menjadi 100/30 = 33,33. Nilai ini termasuk dalam kategori memuaskan.

  1. Menghitung IPK

IPK diperoleh dengan cara menjumlahkan IPS lalu dibagi dengan lamanya semester yang Anda tempuh. Selain menghitung ipk online, Anda bisa melakukannya secara manual. Nilai ini yang akan tertera ditranskip yang nantinya akan digunakan untuk melamar kerja atau melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Beberapa sekolah juga sudah menggunakan cara menghitung ipk smk yang tahapannya sama seperti diatas. Situs website resmi menggunakan teknik menghitung ipk online sehingga hasilnya lebih terpercaya dan terhindar dari human error.

Menggunakan cara menghitung ipk di excel pun akan mendapatkan hasil yang sama dengan langkah yang dijelaskan diatas. Memahami cara menghitung ips akan memudahkan Anda dalam menilai prestasi yang sudah diraih. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, harus diimbangi dengan belajar yang rajin agar indeks prestasinya semakin meningkat setiap semester.