Cara Menghitung Nilai Resistor dan Tabel Warna Resistor

Dalam mempelajari elektronika, ada banyak komponen dasar yang harus dipahami. Salah satu komponen dasar dalam elektronika yang wajib dipahami itu adalah resistor. Resistor ini berfungsi untuk membatasi aliran listrik di dalam satu rangkaian. Resistor memiliki cincin warna mulai dari 4 hingga 6 cincin warna. Untuk bisa memahaminya, Anda harus mengetahui masing-masing kode warna resistor dan cara membacanya.

Cara Menghitung Nilai Resistor beserta Contoh Soalnya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap resistor memiliki gelang warna yang bervariasi, mulai dari 4 hingga 6 gelang warna. Untuk bisa membaca resistor ini, Anda membutuhkan bantuan dari tabel nilai resistor. Tabel ini tersusun dari warna-warna gelang pada resistor beserta nilainya. Dengan ini, Anda bisa menghitung nilai resistor juga toleransinya. Nah, untuk itu Anda juga harus bisa cara membacanya, termasuk cara menghitung resistor 5 warna.

Pada setiap resistor, baik yang memiliki 4, 5 maupun 6 gelang warna bisa dibaca dengan cara yang sama. Misalnya jika Anda ingin membaca resistor dengan 5 gelang warna. Sebelumnya memulai belajar cara menghitung resistor 5 warna ini, sebelumnya Anda harus memiliki tabel resistor 5 gelang warna. Tabel ini akan membantu memudahkan dalam pembacaan dan penghitungannya.

Cara Menghitung Nilai Resistor dan Tabel Warna Resistor

Ketika Anda berhadapan dengan komponen sejenis resistor, mengetahui kode warna resistor dan cara membacanya akan memudahkan dalam perhitungan resistor. Aspek yang biasanya dihitung dari resistor ini adalah hambatan dari komponen tersebut. Anda tidak akan bisa mengetahui cara menghitung hambatan resistor yang disajikan.

Cara Menghitung Nilai Resistor dan Tabel Warna Resistor

Tabel kode warna resistor dan cara membacanya akan menunjukkan pada Anda nilai dari masing-masing gelang warna yang melingkar. Gelang warna ini memiliki nilai paling kecil hingga terbesar. Nilai yang ditunjukkan itu adalah nilai hambatan pada komponen.

Baca Juga  Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Nah, misal ada contoh soal menghitung kode warna resistor seperti berikut. Warna pada gelang resistor secara berurutan kuning, ungu, hijau, hitam dan coklat. Maka cara menghitung resistor 5 warna tersebut adalah, kuning menunjukkan 4, ungu 7, hijau 5 hitam 100 dan coklat adalah toleransi 1%. Dengan begitu nilainya adalah 475 Ohm dan toleransinya 1%.

Berdasarkan contoh soal di atas, bisa diketahui masing-masing warna serta nilainya. Misalnya saja warna resistor 100 ohm yang ditunjukkan dengan warna hitam. Ada juga warna resistor 1k yang ditunjukkan dengan warna berbeda pula. Angka-angka tersebut tidak akan bisa didapatkan jika Anda tidak mengetahui kode warna resistor dan cara membacanya.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang resistor, jumlah gelang warna yang ada pada resistor beserta bagaimana cara membacanya. Dengan adanya contoh cara menghitung resistor 5 warna yang sudah disediakan di atas, Anda bisa memahami dengan mudah penjelasan yang sudah disajikan sebelumnya. Tidak terlalu sulit kan?