Cara Menghitung NJOP yang Benar

Setiap Anda ingin melakukan transaksi jual beli tanah pasti Anda akan tahu istilah NJOP. NJOP adalah kependekan dari nilai jual objek pajak. NJOP sendiri digunakan untuk menentukan harga jual tanah atau properti yang bersangkutan. Kini semua sudah semakin mudah dan memudahkan karena Anda tidak perlu repot menghitung, sudah banyak cara mengetahui njop termasuk cara mengetahui njop tanah online. Karena besaran NJOP tiap daerah berbeda-beda maka caranya adalah dengan mengakses portal provinsi masing-masing.

Menghitung NJOP dengan Mudah

Cara menghitung PBB tanah kosong sebenarnya sudah banyak tersebar di internet tapi di sini akan dibagikan cara-cara mudahnya. Cara menghitungnya adalah Anda harus mengetahui dahulu nilai jual kena pajaknya (NJKP). Karena besaran PBB adalah 0,5 persennya NJKP. Sedangkan nilai jual kena pajak bisa Anda peroleh dari NJOP, yakni 20 persen dari NJOP. Jadi kesimpulannya adalah ketahui dulu NJOP nya barulah Anda akan tahu NJKP juga PBB tanah tersebut.

Cara Menghitung NJOP yang Benar

Supaya tidak kerepotan karena harus menghitung sebaiknya Anda cek njop online, setelah itu Anda menghitung nilai jual kena pajaknya dengan mudah. NJOP adalah sarana untuk menghitung nilai jual beli tanah atau properti. Dengan aturan yang sudah diterapkan seperti itu diharapkan tidak ada lagi yang membuat aturan sendiri ketika jual beli berlangsung. Aturan tersebut memang sengaja dibuat untuk melindungi pembeli maupun penjualnya.

Rumus Menghitung NJOP

Bila suatu saat Anda ingin mengetahui NJOP daerah Anda, tinggal ketik saja di search engine njop tanah 2018 maka akan keluar data-data yang Anda inginkan. Pilihlah website-website resmi ataupun yang terpercaya. Karena data-data seperti ini rawan disalahgunakan ataupun dipalsukan. Cara menghitung PBB tanah kosong akan diberikan ilustrasinya di bawah supaya lebih jelas.

Baca Juga  Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

Rumus Menghitung NJOP

Berikut ilustrasi penghitungannya. Contoh njop di provinsi B diketahui sebesar 40 juta, maka nilai jual kena pajaknya adalah 20 persen dari 40 juta, yakni 8 juta. setelah didapat angka 8 juta sebagai nilai jual kena pajaknya, kini Anda bisa menghitung PBB nya. PBB adalah 0,5 persen dari NJKP, berarti 0,5 persen dari 8 juta atau sama dengan 40 ribu. Itulah besaran PBB tanah tersebut. Cukup mudah bukan cara menghitung PBB tanah kosong di atas?

Bila Anda ingin mengetahui tentang NJOP lebih lanjut bisa langsung ke njop go id. Di situ juga akan ada penjelasan seperti NJOP adalah apa dan hal-hal yang berhubungan dengan njop lainnya. Kini dengan semakin mudahnya akses informasi yang dibuka pemerintah melalui jejaring online atau daring maka sebaiknya Anda berhati-hati.

Cara menghitung PBB tanah kosong di Bekasi pastinya juga cukup mudah. Karena saat ini bila Anda ingin mengetahui njop di Bekasi cukup lihat daftar njop bekasi 2018 yang sudah dapat diakses via gadget Anda.

Menghitung NJOP adalah sesuatu yang cukup simpel dan mudah. Intinya jangan malas membaca ataupun mencari informasi. Karena kini semua sudah semakin mudah.