Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

Perhitungan dalam dunia keuangan sangat beragam jenisnya terutama yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan besar. Pimpinan tentunya tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan, karena itu saat akan melakukan investasi sebaiknya ketahui cara menghitung npv dan irr. Langkah tersebut akan memudahkan dalam perkiraan apakah proyek tersebut menguntungkan atau sebaliknya. Rumus npv manajemen keuangan akan dijelaskan secara detail di artikel ini.

Langkah Cepat Menghitung NPV dan IRR

Tahapan awal cara menghitung npv dengan excel adalah menggunakan rumus cast flow untuk mengetahui PV bersihnya. Selanjutnya hasil dari cara menghitung npv dengan tabel akan dijadikan dasar penghitungan IRR.

Adapun data yang perlu dipersiapkan adalah kas bersih tiap tahun, bunga atau yang disebut dengan discount factor, serta besar dan lamanya investasi. Cara menghitung npv dengan excel sejatinya cukup mudah dikerjakan dengan memakai rumus. Namun untuk menggunakan cara menghitung npv irr payback period membutuhkan ketelitian yang tinggi dan pastikan data yang dipakai valid. Adapun tahapannya adalah:

Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

  1. Perhitungan DF

Meskipun terlihat rumit namun cara menghitung npv dan irr cukup mudah dilakukan. Perhitungan DF 20%  pada contoh soal npv investasi adalah menggunakan rumus 1/(1+DF)^n. Jadi discount factor tahun pertama adalah 1/(1+0,2)^1 = 0,833. Sementara untuk tahun kedua adalah 1/(1+0,2)^2 = 0,694.

  1. NPV dengan kas bersih yang sama setiap tahun

Cara menghitung npv dan irr dimana jumlah PV selalu sama, rumus yang digunakan total kas bersih yang sudah dikalikan dengan DF 20% lalu dikurangi dengan jumlah investasi. Perhitungan tersebut menggunakan bantuan dari tabel cara menghitung npv studi kelayakan bisnis. Investasi layak dikerjakan jika NPV lebih besar dari 0.

  1. NPV dengan kas bersih yang berbeda setiap tahun
Baca Juga  Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Tepat

Jika kas bersih berbeda setiap tahunnya maka cara menghitung npv dengan excel memakai langkah yang sama yaitu menjumlahkan PV bersih setiap tahun yang sudah dikalikan dengan DF. Jika hasil dari cara menghitung npv studi kelayakan bisnis lebih kecil dari 0, maka investasi tidak layak dikerjakan.

  1. Perhitungan IRR

Setelah menguasai cara menghitung npv dengan excel yang telah dibahas tadi, selanjutnya dapat mencari IRR. Rumus yang dipakai adalah IRR = P1 – C1 x ((P2-P1)/C2-C1). Jika nilai Interval Rate of Return lebih besar dari bunga pinjaman maka proyek diterima. Sementara jika sebaliknya hasilnya lebih rendah, maka investasi tersebut sebaiknya ditolak.

Selain menghitung IRR menggunakan rumus diatas, bisa juga dengan memakai cara menghitung npv dengan kalkulator. Tentunya setelah menguasai perhitungan dan cara menghitung npv dan irr, akan banyak manfaat yang diberikan terutama dalam memilih jenis investasi yang tepat. Strategi ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan besar saja, yang masih tahap berkembang pun bisa menggunakan formula diatas agar keuntungannya semakin meningkat.