Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN

Bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri melalui jalur tes, harus mempersiapkan bekal yang cukup agar bisa diterima di jurusan yang diinginkan. Selain belajar secara mandiri, juga bisa mengikuti try out yang diselenggarakan oleh Bimbel. Cara menghitung passing grade sbmptn 2019 sebenarnya dapat melalui aplikasi yang bisa didownload melalui handphone. Tujuan mengetahui cara menghitung nilai nasional sbmptn agar dapat menggunakan strategi tepat supaya memperoleh nilai yang tinggi.

Rumus dan Langkah Menghitung Passing Grade SBMPTN Terbaru

Passing grade bukanlah standar kelulusan ataupun acuan, melainkan batas minimal yang setiap tahunnya nilainya bisa berubah. Ada tempat kursus yang mengajarkan cara menghitung passing grade sbmptn 2014 ganesha operation dengan maksud untuk meningkatkan daya saing pesertanya. Rumus yang digunakan sangat simpel dan juga bisa diaplikasikan pada cara menghitung passing grade sma.

Masing-masing instansi menerapkan standar yang berbeda. Strategi cerdas untuk menilai apakah Anda sudah memenuhi kriteria yang ditentukan adalah dengan cara menghitung passing grade sbmptn 2018. Dalam SBMPTN, ada 3 tes yang harus dikerjakan yaitu Saintek, TKPA, dan Soshum. Hasil dari cara menghitung passing grade sbmptn dari nilai raport dipengaruhi oleh jumlah soalnya. Adapun langkah perhitungannya adalah:

Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN

  1. Menjumlahkan soal

Masing-masing tes memiliki jumlah soal yang berbeda. Saintek ada 60 soal, TKPA 90, dan Soshum 60. Lamanya pengerjaan juga berbeda mulai 75 hingga 105 menit. Banyaknya soal akan menjadi pembagi dalam cara menghitung passing grade sbmptn 2014 ganesha operation.

Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN

  1. Menjumlahkan jawaban yang benar dan salah

Cara menghitung passing grade nilai rapor juga menggunakan formula yang sama. Dalam praktik cara menghitung passing grade sbmptn 2018, jawaban benar akan dikalikan 4 sementara soal yang salah dikalikan satu. Jadi untuk mendapatkan nilai yang bagus, harus mampu menjawab soal dengan benar sebanyak-banyaknya.

  1. Menjumlahkan soal yang tak terjawab
Baca Juga  Cara Menghitung Akar kuadrat Secara Manual

Agar nilai yang diperoleh semakin besar, sebaiknya lewati soal yang tidak tahu jawabannya. Hal ini karena dalam cara menghitung passing grade sbmptn 2014 ganesha operation, soal tersebut akan dikalikan 0 jadi tidak mengurangi jumlah sama sekali. Cara menghitung passing grade sbmptn zenius sengaja diajarkan untuk mengetahui tingkat prestasi yang diperoleh siswanya.

  1. Memasukkan ke dalam rumus

Cara menghitung passing grade sbmptn 2018 menggunakan rumus ((benar x 4) – (salah x 1) / jumlah soal x 4) x 100%. Misalnya dalam cara menghitung passing grade nilai rapor untuk snmptn jumlah jawaban benar 30, salah 15, dan tidak dijawab 5, maka perhitungannya ((30×4)-(15×1)/50×4)) x 100% = 52,5%.

Dengan mengetahui rumus dan cara menghitung passing grade sbmptn 2014 ganesha operation semoga bisa memicu semangat belajar agar bisa masuk ke PTN yang disukai. Sebelum tes, sebaiknya sering-seringlah latihan salah satunya dengan melakukan try out mandiri untuk menguji seberapa besar kemampuan yang sudah dicapai.