Cara Menghitung Pecahan Campuran yang Benar

Anda sudah terbiasa dengan cara menghitung pecahan biasa? Kemampuan menghitung bilangan pecahan campuran juga penting untuk dikuasai. Perhitungan pecahan campuran dan penyelesaiannya bisa dipelajari seperti untuk perkalian, pembagian, pengurangan dan penambahan bilangan. Berikut ini panduan dalam perhitungan tersebut untuk menambah wawasan dan menguasai kemampuan tersebut.

Mengenal Bilangan Pecahan

Cara menghitung pecahan dengan cepat penting dipahami. Bilangan tersebut terdiri dari pembilang dan juga penyebut. Pembilang adalah bilangan yang berada di bagian atas penyebut. Bisa juga dikatakan sebagai bilangan yang nantikan dibagi dengan penyebut. Bilangan yang berada di bagian bawah pembilang itulah yang dinamakan dengan penyebut. Bilangan itu juga bisa dikatakan sebagai bilangan yang nantinya membagi penyebut. Agar lebih memahami aturan main dari cara perhitungan tersebut sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengerjakan contoh soal pecahan campuran.

Cara Menghitung Pecahan Campuran yang Benar

Biasanya pelajaran ini diberikan untuk soal pecahan campuran kelas 4. Secara sederhana diartikan kalau pembilang adalah bilangan yang akan dibagi, sedangkan penyebut merupakan bilangan yang akan membaginya. Sebagai contoh 2/3, jadi 2 sebagai pembilang dan 3 adalah penyebut. Nah, kalau pecahan campuran maka akan terdiri dari bilangan bulat serta pecahan biasa. Misalnya 3 ½. Angka 3 menunjukkan bilangan bulat sedangkan ½ adalah pecahan biasa. Dengan pemahaman yang baik terhadap cara menghitung pecahan biasa maka semakin memudahkan penyelesaian setiap soalnya.

Cara Menghitung Pecahan Campuran yang Benar

Cara menghitung pecahan desimal juga penting dikuasai. Kalau Anda mau melakukan perhitungan terhadap bilangan pecahan campuran harus mendapatkan ubahannya dulu menjadi pecahan biasa. Sesudah langkah tersebut barulah bisa menghitungnya disesuaikan dengan cara perhitungan pecahan biasa. Selanjutnya mengubah pecahan biasa menjadi campuran agar diubah dalam bentuk yang lebih sederhana. Perhatikan berbagai contoh soal pecahan campuran agar lebih cepat memahaminya.

  1. Cara menghitung pertambahan pecahan campuran

Ubahlah dulu pecahan campuran ke bentuk cara menghitung pecahan biasa, setelah itu bisa melakukan proses penambahan dengan bilangan biasa. Jadi langkah awal bisa dengan mengubah setiap pecahan campuran ke dalam bentuk biasa dengan terpisah. Kemudian melakukan penambahan atas pecahan biasa tersebut. Sebagai contoh soal pecahan pada penambahan 4 3/2 + 3 ½ maka sama dengan 18/2 yang hasilnya adalah 9. Kalau penyebutnya ternyata sama bisa langsung menambahkannya dengan pembilang. Namun, bila tidak bisa menyamakan dahulu penyebutnya lalu menambahkan pembilang tersebut kalau sudah sama.

  1. Cara menghitung pengurangan pecahan campuran, perkalian dan pembagian

Prinsipnya sama dengan cara di atas yakni dengan mengubahnya sesuai cara menghitung pecahan biasa. Kemudian baru bisa dikurangi dengan pecahan yang sudah sesuai. Soal pecahan campuran kelas 6 pastinya lebih rumit jadi harus sering berlatih mengerjakannya.

Berbagai contoh soal pecahan campuran dan jawabannya sangat disarankan untuk dikuasai. Perbanyaklah mengerjakan contoh soal pecahan supaya lebih jago dalam pelajaran matematika tersebut.