Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah dan Benar

Ada banyak cara untuk menghitung pembagian. Mulai dari metode yang paling rumit hingga yang paling sederhana. Semuanya menuju satu jawaban yang sama. Jangan khawatir dengan pelajaran matematika, karena matematika itu ilmu pasti. Jawabannya hanya satu, tidak mungkin dua, tiga, dan seterusnya. Jadi hanya akan ada satu jawaban benar, itu mutlak. Di sini akan diajarkan cara menghitung pembagian dengan cepat dan benar. Bagi Anda yang ingin tahu, simak terus artikel ini.

Pembagian Bersusun atau Porogapit?

Banyak yang belum mengerti bahwa cara pembagian susun ke bawah itu disebut porogapit. Jadi misal disuruh memilih antara porogapit atau susun ke bawah, pasti pilih dua-duanya karena sama saja. Cara menghitung pembagian dengan porogapit ini sudah turun-temurun diajarkan sebagai cara pembagian yang paling sederhana dan mudah dimengerti.

Cara menghitung pembagian dengan porogapit memang cara yang paling mudah. Tapi Anda akan menemui sedikit kesulitan apabila bilangan yang dibagi memakai koma, ataupun sebaliknya. Maka dari itu, butuh lebih dari satu metode yang harus Anda kuasai. Cara menghitung pembagian koma contohnya. Meskipun sudah banyak cara mudah pembagian dasar yang diajarkan di sekolah, berikut akan dijelaskan cara menghitung pembagian dengan cepat dan benar agar Anda yang membacanya bisa lebih paham.

Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah dan Benar

Contohcara menghitung pembagian dengan cepat dan benar seperti di bawah ini

27__

135÷5  à5/135

10 –

35

 35 –

0

Penjelasan : cariperkalianangka5 terdekat dengan dua digit pertama angka yang dibagi (13), perkalian 5 terdekat adalah 5 x 2 = 10, sehingga dapat ditulis angka 2 di atas dan 10 di bawah angka 13. Setelah itu kurangkan angka 13 – 10 dan tuliskan hasilnya di bawah angka 10 yaitu 3.Turunkanangka yang dibagi berikutnya yaitu angka 5 di sebelah angka 3 (sisa pengurangan sebelumnya) sehingga didapatkan angka 35 yang jika dibagi angka 5 maka hasilnya 7.Tuliskanangka 7 diatas disemailah angka 2 sehinggahasildari135 : 5 = 27

Cara Menghitung Pembagian Dengan Mudah dan Benar

Cara pembagian bersusun ratusan masih bisa dilakukan dengan porogapit. Tapi untuk pecahan dan bilangan desimal, tentu sudah memakai cara lain. Cara menghitung pembagian dengan porogapit merupakan salah satu cara belajar pembagian untuk pemula dan lebih cocok untuk pembagian sederhana dengan bilangan-bilangan utuh. Jadi akan ada beberapa metode untuk menyelesaikan bentuk soal yang berbeda pula.

Cara menghitung pembagian dengan cepat dan benar sangat mungkin untuk dilakukan, asalkan rumus yang dipakai memang tepat. Kecepatan hanyalah bonus yang akan didapat Anda banyak berlatih mengerjakan soal-soal. Cara pembagian bersusun adalah hanya salah satu metode atau rumus saja. Sedangkan cara yang lain masih banyak.

Jangan khawatir, mungkin awalnya memang kesulitan, tetapi lama-lama Anda pasti bisa menghitung lebih cepat sekaligus tepat. Cara menghitung pembagian dengan porogapit adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk berlatih hitung pembagian. Setelah menguasainya, Anda bisa berlatih cara berhitung pembagian yang lainnya.