Cara Menghitung Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Ilmu Matematika jika dipelajari dengan benar bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah materi tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai. Materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas 7 biasanya langsung dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari untuk memudahkan dalam memahami materi ini. Berikut ini adalah penjelasan singkat dan contoh soal tentang perbandingan berbalik nilai dan perbandingan senilai kelas 7.

Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Plus Contoh Soal

Materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas 7 biasanya diawali dengan pertanyaan jelaskan perbedaan perbandingan senilai dan berbalik nilai pdf. Dari pertanyaan ini bisa dijawab dengan menjelaskan pengertian masing-masing. Untuk perbandingan senilai adalah perbandingan yang membandingkan dua varian atau lebih yang mana jika satu variabel mengalami perubahan maka variabel lain juga akan mengalami perubahan.

Untuk pengertian perbandingan senilai dan contoh soal yang sering digunakan dalam materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas 7 biasanya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika Anda ingin membeli sebuah barang dengan harga Rp 50.000 per buah. Dengan jumlah uang yang sama, Anda bisa mendapatkan barang dengan jumlah lebih banyak jika barang tersebut berharga lebih rendah dari Rp 50.000 (misalnya barang tersebut berharga Rp 25.000 per buah, maka Anda akan mendapatkan dua barang).

Cara Menghitung Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Sedangkan untuk Contoh perbandingan berbalik nilai dalam kehidupan sehari-hari biasanya menggunakan objek pekerja dan waktu kerjanya. Berbeda dengan contoh perbandingan senilai, soal perbandingan berbalik nilai pekerja ini misalnya, jika 4 orang pekerja bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 30 jam. Pertanyaannya, berapakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut jika pegawainya 6 orang?

Cara Menghitung Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Berdasarkan soal perbandingan berbalik nilai pekerja di atas, bisa dijelaskan dengan logika, jika pegawainya semakin sedikit, yaitu 4 orang, waktu yang dibutuhkan akan semakin lama yaitu 30 jam. Maka jika pegawainya ditambah waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut juga akan semakin berkurang.

Nah, dari soal perbandingan berbalik nilai pekerja di atas, perhitungannya adalah sebagai berikut: x1= 4, y1= 30, x2= 6, y2= ?. Dari rumus tersebut, yang harus Anda lakukan adalah mengalikan silang, yaitu mengalikan x1 dengan y1 dan x2 dengan y2. Sehingga akan diperoleh 6 x y2= 4 x 30, y2= 120/6= 20. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan 6 orang pekerja adalah 20 jam.

Selain soal perbandingan berbalik nilai pekerja dengan dua variabel seperti contoh di atas, ada juga perbandingan berbalik nilai 3 variabel. Perbandingan 3 variabel ini pada dasarnya memiliki cara pengerjaan yang serupa. Dengan memberikan contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari akan semakin memudahkan para siswa dalam memahami materi perbandingan senilai dan berbalik nilai kelas 7.