Cara Menghitung Persentase Dalam Matematika

Ilmu matematika tidak akan terlepas dari kehidupan sehari-hari baik dalam perhitungan sederhana maupun menggunakan program komputer. Presentase menjadi angka yang sering ditemui dalam berbagai keperluan misalnya untuk cara menghitung persen diskon dan bunga. Langkahnya sangat mudah bahkan Anda bisa mendapatkan hasilnya tanpa menggunakan alat. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara menghitung persen bunga, keuntungan, hingga diskon menggunakan rumus yang praktis dan mudah diaplikasikan. Ini bukan hanya pelajaran sekolah saja, fungsinya sangat luas hingga menjangkau keperluan kerja.

Rumus Menghitung Persentase Menggunakan Kalkulator Untuk Berbagai Keperluan

Sebenarnya cara menghitung persen di kalkulator cukup mudah karena sudah ada tandanya. Jadi Anda tinggal menekan saja dan hasilnya sudah pasti benar. Cara menghitung persen di excel mungkin terlihat agak sulit karena Anda harus mengusai bahasa dan rumus. Namun jika sudah lancar membuat formula sendiri, menggunakan excel akan jauh lebih mudah dan cepat. Beberapa contoh persoalan yang menggunakan perhitungan persentase adalah:

Cara Menghitung Persentase Dalam Matematika

  1. Perhitungan diskon

Pastinya Anda sering berbelanja dan menemukan tulisan diskon dengan nominal tertentu. Untuk mengetahui berapa potongan yang diberikan, Anda bisa menggunakan cara menghitung persen di kalkulator maupun manual. Misalnya jika harga barang adalah 100 ribu dan memperoleh diskon 10% maka perhitungannya menjadi 100.000–(10/100×100.000)=90.000. Cara cepat menghitung persen harus dipelajari karena akan sangat berguna nantinya untuk berbagai keperluan.

  1. Perhitungan keuntungan

Fungsi presentase selain sebagai cara menghitung persen bunga juga dapat menggambarkan berapa jumlah keuntungan yang didapatkan. Besarnya laba yang diperoleh biasa di sebutkan dalam satuan persen. Jika untung 100%, itu artinya Anda memperoleh laba yang besarnya sama dengan modal. Contohnya bila pendapatan yang dihasilkan adalah 8 juta sedang modalnya 5 juta maka untung yang diperoleh yaitu 3 juta. Cara menghitung persen keuntungan menjadi 3 juta/5 juta x 100% = 60%.

Baca Juga  Contoh Soal Diagram Lingkaran Dan Cara Menghitungnya

Cara Menghitung Persentase Dalam Matematika

  1. Perhitungan bunga

Jika Anda memiliki tabungan di bank, sangat dianjurkan mengetahui cara menghitung persen bunga. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui berapa penambahan saldo yang didapatkan selama menabung satu bulan. Misalnya bunga yang diberikan 2% dengan jumlah tabungan yang dimiliki 2 juta. Maka cara cepat menghitung persen tanpa kalkulator adalah 2/100×2.000.000 = 20.000. Jadi saldo akan bertambah menjadi 2.020.000.

  1. Perhitungan kenaikan

Pada dasarnya cara menghitung persen di kalkulator sangat mudah. Misalnya keuntungan yang didapat pada bulan lalu adalah 200.000 dan saat ini laba yang diperoleh 300.000, peningkatannya menjadi 100.000. Cara menghitung persentase kenaikan adalah 100.00/200.00 x 100% = 50%.

Semakin bertambahnya pengalaman, Anda akan sering menggunakan cara menghitung persen di kalkulator. Tentu saja tahapannya sangat mudah dan sederhana. Di perkantoran, program yang sering dipakai adalah Excel karena dapat menyelesaikan perhitungan dalam jumlah banyak.

Setelah mengetahui cara menghitung persen bunga, keuntungan, kenaikan, dan sebagainya semoga bisa memudahkan segala aktivitas Anda. Rumus matematika tersebut perlu dipelajari agar Anda bisa melakukan perhitungan baik menggunakan kalkulator maupun manual.