Cara Menghitung Persentase di Excel yang Benar

Menghitung persentase sangat diperlukan dalam analisa data. Banyak pengolahan data yang menggunakan rumus persentase, seperti perhitungan diskon, komisi, ataupun perhitungan bunga. Ketika mengolah data Anda tidak perlu menghitung persentase secara manual. Karena sudah ada kumpulan cara menghitung persentase di excel. Dengan menggunakan rumus excel, maka pengolahan data akan lebih mudah. Rumus excel ada berbagai macam, salah satunya rumus excel menghitung persentase kenaikan.

Rumus Persentase Excel

Persentase dinyatakan dalam lambang %, persen berarti per seratus. Rumus menghitung persentase digunakan untuk berbagai pengolahan data, salah satunya untuk menghitung nilai kenaikan. Misalnya saat ini harga telur semula adalah 28.000 sekarang menjadi 32.000, maka berapa % kenaikan harga telur? Untuk menentukan kenaikan harga tersebut digunakanlah rumus excel menghitung persentase kenaikan.

Cara Menghitung Persentase di Excel yang Benar

Selain rumus excel menghitung persentase kenaikan, rumus persentase juga bisa digunakan untuk menghitung diskon. Cara menghitung potongan persen di excel adalah dengan mengalikan harga asli dengan diskon. Misalnya harga asli 45.000 dan diskon 25%, maka caranya adalah 45.000 x 25% didapatkan 11250. Kemudian kurangi harga asli dengan diskon, sehingga itulah total harga setelah diskon.

Cara Menghitung Persentase di Excel yang Benar

Selain untuk mengetahui potongan harga, Anda juga bisa mengetahui berapa jumlah persentase data yang ada dengan rumus excel. Cara menjumlahkan persen pada excel adalah masukkan data persentase pada kolom excel. Kemudian ketik tanda =, lalu sorot kolom data pertama kemudian ketik tanda tambah (+) lalu sorot kolom data kedua dan ketik enter. Begitu juga jika ingin melakukan rumus excel pengurangan persen. Cukup dengan ketik tanda = kemudian sorot kolom data pertama dan berikan tanda kurang (-) kemudian sorot kolom data kedua dan tekan enter.

Untuk menghitung perkalian persentase, rumus excel perkalian persen adalah pertama-tama masukkan data pada kolom excel. Lalu ketikkan tanda = kemudian sorot kolom data pertama, kemudian ketik tanda perkalian (*) kemudian sorot kolom data kedua dan tekan enter. Untuk lebih jelas Anda bisa mencari tahu kumpulan cara menghitung persentase di excel.

Pada rumus kumpulan cara menghitung persentase di excel, juga bisa mengetahui cara menghitung rata-rata suatu nilai. Cukup masukkan semua data, lalu ketik tanda =average kemudian sorot semua data lalu tutup dengan tanda kurung dan tekan enter. Untuk cara menghitung rata-rata persentase caranya pun sama, hanya bedakan pada data yang dimasukkan. Untuk persentase data sudah dalam satuan persen.

Itulah berbagai kumpulan cara menghitung persentase di excel. Dengan menggunakan perhitungan di excel maka akan memudahkan Anda untuk melakukan pengolahan data. Selain rumus excel menghitung persentase kenaikan, rumus perhitungan di excel bisa digunakan untuk berbagai pengolahan data. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.