Cara Menghitung PPH 21 / Pajak Penghasilan

Setiap warga negara yang memiliki penghasilan dalam jumlah tertentu wajib membayar PPh sesuai dengan ketentuan menteri perekonomian. Selain mengetahui berapa besar gaji kotor beserta dengan potongan dan tunjangan, juga perlu diperhatikan tarif pph 21. Besarnya tarif yang dikenakan bergantung pada jumlah penghasilan kena pajak pertahunnya. Cara menghitung pajak penghasilan orang pribadi akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi online pajak. Tinggal log in dan isi data sesuai dengan ketentuan agar bisa mengetahui besarnya pph yang dibayarkan perbulannya.

Tahapan Penghitungan PPh 21 Terbaru Secara Manual

Status sebagai pegawai tetap dan non tetap sangat mempengaruhi perhitungan pph 21 2018. Untuk mengetahui perhitungannya bisa dengan melihat contoh perhitungan pph 21 terbaru yang dikeluarkan secara resmi oleh dirjen pajak. Selain itu penghasilan rutin, tidak rutin, dan iuran juga menentukan jumlah pajak yang dikenakan.

Tarif pph 21 untuk penghasilan mencapai 50 juta pertahun adalah sebesar 5%. Sementara untuk pendapatan 50-250 juta yaitu 15%, 250-500 juta 25%, dan 30% untuk penghasilan lebih dari 500 juta pertahun. Contoh soal pph pasal 21 akan membantu Anda dalam menentukan nilai PPh. Berikut ini adalah perhitungan pajak penghasilan untuk karyawan tetap, tidak tetap dan penerima tunjangan.

Cara Menghitung PPH 21 / Pajak Penghasilan

  1. Karyawan tetap

Jika Anda bekerja sebagai pegawai tetap sebaiknya milikilah NPWP agar PPh 21 lebih ringan. Contoh perhitungan pph 21 adalah dengan menghitung penghasilan bersih yaitu gaji pokok ditambah dengan tunjangan serta bonus dikurangi iuran. Setelah diperoleh pendapatan neto setahun lalu kurangi penghasilan tidak kena pajak. PPh terutang didapatkan dengan mengalikan hasil tersebut dengan tarif pajak lalu dibagi 12 bulan.

Baca Juga  Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan

Cara Menghitung PPH 21 Pajak Penghasilan

  1. Karyawan yang menerima tunjangan pajak

Tahapan dan contoh perhitungan pph 21 pada dasarnya sama dengan kasus diatas hanya saja karyawan mendapatkan tambahan tunjangan pajak. Perhitungan terakhir menghasilkan pendapatan kena pajak pertahunnya dikalikan dengan tarif pph 21 berapa persen sesuai dengan besar penghasilan. Jika tidak memiliki NPWP maka PPh yang dibayarkan akan dikalikan 120%.

  1. Karyawan tidak tetap

Contoh perhitungan pph 21 ini berbeda dengan kasus diatas karena karyawan tidak tetap tidak mendapatkan tunjangan ataupun pengurangan biaya serta iuran. Misalnya jika A penghasilannya 7.000.000, maka besarnya pph 21 2019 adalah 5% x 50% x 7.000.000 = 175.000 jika memiliki NPWP.

Cara menghitung pajak penghasilan perusahaan tidak sesederhana perhitungan untuk wajib pajak perseorangan. Agar lebih mudah, bisa menggunakan aplikasi pajak online yang sangat mudah diakses. Jumlah pajak terutang sesuai tarif pph 21 secara otomatis akan dapat diketahui hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Langkah awal sebelum menghitung adalah mengetahui daftar tarif pph 21 yang terbaru. Jumlah yang dikenakan berdasarkan pada penghasilan bersih pertahunnya. Dengan membayar pajak tepat waktu dan rutin akan membantu pembangunan negara ini sehingga perekonomian semakin merata.