Cara Menghitung ROI (Return On Investment) yang Benar

Anda yang bekerja dalam dunia bisnis pasti sudah tidak asing dengan istilah Return on Investment (ROI). Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini akan dijelaskan tentang pengertian istilah ROI itu dan bagaimana cara menghitung ROI keuangan yang benar. Penjelasan tentang ROI dalam investasi ini akan sangat bermanfaat membantu Anda dalam memperhitungkan jumlah investasi yang akan Anda tanamkan.

Cara Menghitung ROI dan Manfaat Menghitungnya

Nah, sebelum Anda mempelajari tentang bagaimana cara menghitung ROI keuangan serta perhitungan ROI lengkap lainnya. ROI ini adalah rasio dari uang yang didapatkan ataupun hilang saat melakukan investasi. Bisa dibilang ROI ini adalah jumlah uang yang dijadikan sebagai investasi. Investasi yang dilakukan itu bisa dirupakan dalam bentuk modal, pokok maupun aset. ROI pada dasarnya dihitung dalam bentuk presentase.

Untuk menghitung ROI tidak hanya bisa dilakukan secara manual. Beberapa ahli bahkan sudah menggunakan program Microsoft Excel untuk menghitung ROI ini. Cara menghitung ROI dengan excel ini pada dasarnya juga menggunakan rumus dasar penghitungan ROI. Karena itulah meskipun Anda belajar tentang cara menghitung ROI dengan excel, Anda juga harus menguasai rumus ROI dan ROA dasar terlebih dahulu.

Cara Menghitung ROI (Return On Investment)

Menghitung ROI dalam managemen bisnis bisa didasarkan rumus dasar yang dibuat oleh para ahli. Rumus ROI menurut para ahli ini akan memudahkan Anda dalam penghitungan ROI baik secara manual maupun secara otomatis. Lantas bagaimanakah rumus ROI yang biasa digunakan sebagai cara menghitung ROI keuangan itu?

Cara Menghitung ROI (Return On Investment) yang Benar

Untuk menghitung ROI, rumus yang digunakan adalah : (Jumlah penjualan – investasi) / investasi x 100%. Dari rumus dasar ini nantinya akan ditemukan presentasi dari ROI tersebut. Rumus ini juga dijadikan dasar dalam cara menghitung ROI dengan excel. Sedangkan Kasmir memberikan rumus sendiri tentang bagaimana menghitung ROI. Rumus ROI menurut Kasmir itu adalah ROI = laba setelah pajak/total aset x 100.

Baca Juga  Cara Menghitung Diskon Harga yang Benar

Cara menghitung ROI keuangan yang ditawarkan oleh Kasmir dalam rumus yang disebutkan di atas memang sedikit berbeda dengan rumus sebelumnya. Pada rumus ini Kasmir menekankan agar mengabaikan sumber dari pendanaannya. Nah, untuk memahami konsep ROI ini, Anda bisa mengerjakan contoh soal ROI akuntansi manajemen. Dengan mengerjakan soal-soal ini, Anda akan semakin mudah dalam memahami tentang Return Of Invesment ini.

Selain rumus yang digunakan untuk menghitung return of invesment ini, ada pula standar ROI yang baik yang harus dipatuhi oleh setiap pengusaha. Dengan menghitung ROI serta menerapkan standar yang diterapkan, pengusaha jadi bisa memperhitungkan perkembangan atas bisnis yang dijalankan. Penghitungan ROI baik dengan cara menghitung ROI dengan excel maupun secara manual juga akan membantu pengusaha dalam menghitung dan mempertimbangkan jumlah dana investasi yang akan dan bisa ditanamkan agar bisa mencapai target untuk penjualan yang diinginkan.