Cara Menghitung Skala Peta yang Benar

Ada beberapa rumus yang bisa Anda ketahui dalam menghitung skala peta. Cara menghitung skala gambar terbagi menjadi 2 macam, yaitu perhitungan menggunakan skala angka dan skala batang. Anda bisa menggunakan kedua perhitungan tersebut untuk mengetahui skala peta. Berikut ini ada rumus-rumus skala peta geografi yang bisa Anda pelajari untuk menghitungnya secara benar.

Perhitungan Peta Melalui Skala Angka dan Skala Batang

  1. Perhitungan Menggunakan Skala Angka

Perhitungan dengan skala ini terbagi lagi menjadi 3 macam, yaitu rumus skala, rumus jarak sebenarnya dan jarak pada peta. Jika dijabarkan, beginilah rumus dan cara menghitung skala gambar secara lengkap yang bisa Anda ketahui.

Cara Menghitung Skala Peta yang Benar

Rumus Skala =  jarak pada peta : jarak sebenarnya

Rumus Jarak Sebenarnya = jarak pada peta : skala

Rumus Jarak Pada Peta = skala x jarak sebenarnya

Ketiga rumus tersebut merupakan rumus terlengkap dan mudah untuk dipelajari. Rumus diatas juga dapat Anda gunakan sebagai cara mencari jarak pada peta.

Cara Menghitung Skala Peta yang Benar

  1. Perhitungan Menggunakan Skala Batang

Selain skala angka, ada juga perhitungan dengan skala batang. Anda juga bisa mempelajari cara menghitung skala peta dengan garis lintang, tetapi sudah pasti sedikit lebih sulit. Nah, untuk skala batang ini Anda bisa memanfaatkan ukuran yang ada pada batang grafis di bawah gambar peta. Semisal, ukuran dari cara mencari jarak pada peta tersebut adalah 1:100.000, maka skala batang mempunyai ruas dengan panjang masing-masing sebesar 1 cm.

Sebagai contoh soal skala peta adalah dengan menghitung jarak kedua kota yang memiliki skala batang sebanyak 4 ruas dan masing-masing ruas mewakili 1 km. Jadi, berapakah jawabannya? Jawabannya yaitu 4 km. Cara mencari jarak pada peta dari kedua kota ini cukup mudah karena hanya menggunakan batang grafis.

Baca Juga  Cara Menghitung Bunga Deposito Bank BRI, BCA, Mandiri, Dll

Pada dasarnya, rumus diatas dapat digunakan untuk menghitung jarak sesungguhnya dari sebuah jarak di peta. Begitu pula sebaliknya, cara menghitung skala gambar dapat digunakan untuk mengetahui jarak pada peta dari jarak yang sesungguhnya.

Nah, ada lagi cara menghitung skala peta yang diperbesar. Hal tersebut bisa saja terjadi jika Anda menggunakan mesin fotokopi, pantograf, dan scanner untuk memperbesarnya. Maka, perhitungan dan rumusnya juga akan berbeda dari rumus diatas. Peta yang diperbesar maupun diperkecil akan memiliki perbedaan dari segi skalanya. Oleh karena itu, Anda harus teliti dalam mencari cara menghitung skala gambar karena kondisi peta seperti ini.

Itulah rumus cara menentukan skala pada peta yang perlu Anda pelajari. Memang cukup mudah, tetapi jangan sampai melakukan kesalahan pada hitungan. Hal ini akan berakibat fatal pada perhitungan cara mencari jarak pada peta selanjutnya, karena harus memulai hitungan dari awal lagi.