Cara Menghitung Skor Toefl Yang Benar

TOEFL merupakan salah satu prasyarat nilai atau standar yang dibutuhkan ketika Anda hendak mengambil tes CPNS. Yang paling banyak TOEFL biasanya digunakan ketika akan mengajukan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Bahkan untuk beberapa sekolah tingkat menengah, TOEFL juga diperlukan sebagai pengukur kemampuan berbahasa Inggris dari siswanya. Ketika berlatih mengerjakan soal TOEFL, Anda bisa menghitung skor jawaban Anda sendiri dengan bantuan tabel skor TOFL.

Menghitung Skor TOEFL dengan Tabel Skor TOEFL

Pentingnya skor TOEFL dalam bidang pendidikan membuat banyak orang yang berusaha keras agar bisa mendapat skor TOEFL yang sesuai standar yang dibutuhkan. Tak heran jika kemudian banyak orang yang berlatih sendiri mengerjakan soal tes TOEFL. Penghitungan ini ditujukan karena kategori skor TOEFL berbeda-beda untuk setiap jenjang. Karena itu Anda membutuhkan bantuan dari tabel skor TOEFL untuk membantu penghitungan skor saat berlatih mengerjakan TOEFL.

Cara Menghitung Skor Toefl Yang Benar

Nah, sebelum Anda mengetahui cara menghitung skor TOEFL ITP maupun IBT ada baiknya Anda mengetahui informasi-informasi dasar tentang skor TOEFL. Nilai atau skor diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok sebagai standar yang umum digunakan. Klasifikasi nilai TOEFL itu misalnya untuk tingkat dasar 310-420, tingkat low intermediate 420-480, tingkat high intermediate 480-520 dan advanced 525-677.

Cara Menghitung Skor Toefl Yang Benar

Jika sudah, ketika mempelajari cara menghitung skor TOEFL ITP selanjutnya adalah mengetahui pembagian section soal dalam tes TOEFL serta jumlah soal TOEFL yang akan diberikan. Jumlah soal ini juga berbeda-beda untuk setiap section, misalnya section reading berjumlah 50 soal, listening 50 soal dan structure 40 soal dengan waktu pengerjaan yang juga sudah ditentukan. Selanjutnya adalah menghitung skor TOEFL dengan bantuan tabel skor TOEFL.

  1. Konversikan Jumlah jawaban benar

Cara menghitung skor TOEFL  yang pertama adalah dengan mengonversikan jumlah jawaban yang benar pada tabel skor TOEFL yang sudah ada. Anda bisa mengunduh tabel ini dari internet. Nilai yang dikonversi itu harus berdasarkan masing-masing sesi jumlah jawaban benar pada tiap sesi.

  1. Menjumlahkan Nilai yang Sudah Dikonversi

Cara menghitung skor TOEFL ITPselanjutnya adalah menjumlahkan nilai masing-masing sesi yang sudah dikonversikan sebelumnya. Caranya, jumlah hasil konversi ketiga sesi, lalu kalikan 3 kemudian bagi dengan 10. Nah hasil yang didapatkan ini adalah hasil perkiraan nilai TOEFL ITP Anda.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masing-masing tingkatan memiliki range atau skor TOEFL terendah dan tertinggi yang harus didapatkan. Skor terendah maupun tertinggi itu juga dipengaruhi oleh untuk apa nantinya hasil tes itu digunakan. Misalnya jika digunakan untuk melamar pekerjaan, juga pasti ada standar nilai TOEFL untuk melamar kerja.

Biasanya untuk penggunaan akademik, standar yang digunakan adalah skor TOEFL 450. Artinya, jika seorang pelajar atau mahasiswa yang ingin melakukan tes TOEFL untuk kegunaan akademik, nilai yang harus didapat minimal adalah 450. Nah, itulah tadi penjelasan tentang cara menghitung skor TOEFL ITP yang bisa Anda coba sendiri.