Cara Menghitung Tagihan Listrik Per Bulan Tahun 2020

Mengetahui cara menghitung tagihan listrik dari meteran akan memudahkan Anda melakukan penghematan anggaran bulanan. Banyak yang tidak mengetahui bahwa penggunaan perlengkapan rumah tangga yang berlebihan seperti menyalakan lampu sepanjang hari, bisa memberikan tambahan beban yang cukup tinggi. Mempelajari cara menghitung pemakaian listrik bulanan tidaklah sulit, tinggal catat penggunaannya selama satu bulan lalu kalikan dengan tarif dasar yang dikenakan.

Bagaimana Menghitung Besarnya Tagihan Listrik Per Bulan?

Besarnya pemakaian listrik dalam satu bulan bisa langsung diketahui dengan melihat stand meter. Perhitungannya adalah dengan mengurangi Kwh awal dan akhir. Namun bagi Anda yang menggunakan pulsa, menghitung biaya listrik fisika mungkin lebih cocok diaplikasikan. Cara menghitung tagihan listrik berdasarkan stand meter dapat memberikan gambaran mengenai besarnya Kwh yang diperlukan perbulannya.

Jika Anda membeli pulsa dengan saldo1 kwh misalnya, maka daya listrik yang bisa digunakan sebesar 1.000 watt. Lantas bila dipakai untuk lampu dengan daya 100 watt, maka kekuatannya hanya bertahan selama 10 jam saja. Begitulah gambaran kasar mengenai cara menghitung tagihan listrik dari meteran. Selain itu Anda juga harus tahu tarif dasar listrik 2018 agar bisa memperkirakan besarnya biaya yang dikeluarkan perbulannya.

Cara Menghitung Tagihan Listrik Per Bulan Tahun 2020

Lakukan pendataan semua alat listrik di rumah dan perhatikan besarnya daya yang dibutuhkan. Memang untuk memulai cara menghitung tagihan listrik berdasarkan stand meter, Anda harus memahami kebutuhan penggunaan perabot tersebut perharinya. Cara menghitung tarif listrik 900 watt tentunya menyesuaikan dengan tarif yang ditetapkan dan ini berbeda dengan TDL pulsa atau daya yang lebih tinggi. Perhatikan rumus menghitung kisaran tagihan listrik di bawah ini.

Cara Menghitung Tagihan Listrik

  1. Catat Kwh Awal

Langkah awal untuk menggunakan cara menghitung tagihan listrik dari meteran dengan mencatat Kwh awal. Dengan mendatanya, maka Anda bisa mengetahui berapa total daya yang dihabiskan dalam satu bulan. Namun untuk kasus pulsa, cara menghitung kwh listrik industry jauh lebih mudah karena sedari awal sudah diketahui berapa saldo yang tersedia. Bila sudah habis, maka listrik secara otomatis akan mati.

  1. Kalikan dengan TDL terbaru

Cara menghitung tagihan listrik berdasarkan stand meter yang selanjutnya adalah kalikan Kwh dengan tarif dasar listrik. Misalnya dalam sebulan menghabiskan 80 Kwh untuk golongan rumah tangga 900 VA, maka kisarannya menjadi 80 x Rp 1.352 = Rp 108.160. tentu saja semakin besar pemakaian, akan bertambah pula biaya yang dibebankan.

  1. Cek melalui sms

Jika Anda tidak ingin ribet menggunakan cara menghitung tagihan listrik dari meteran sebab takut salah, bisa lakukan pengecekan melalui sms. Formatnya adalah REK spasi Id pelanggan lalu kirim ke 8123. Selanjutnya akan ada pemberitahuan mengenai jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya pasang listrik baru 2018 saat ini cukup mahal dan hanya bisa menggunakan sistem pulsa. Jika ingin menghemat pengeluaran, selain mempelajari cara menghitung tagihan listrik berdasarkan stand meter, pakai juga perabot yang hemat energi seperti lampu LED, AC inverter, dan sebagainya.