Cara Menghitung Tetesan Infus Mikro dan Makro

Bagi Anda yang pernah menjalani opname di Rumah Sakit pastinya sudah tidak asing dengan infus. Kantung berisi cairan tersebut memiliki jumlah tetesan permenit yang berbeda menyesuaikan dengan kondisi pasien. Anda sebagai orang awam pun bisa mengetahuinya dengan mempelajari rumus menghitung tetesan infus pdf. Ada dua jenis yang sering digunakan yaitu makro dan mikro. Cara menghitung kebutuhan cairan juga dipengaruhi oleh merk yang digunakan karena faktor tetesnya berbeda.

Rumus Menghitung Tetesan Infus Berbagai Merk

Pentingnya menguasai rumus yang akan diterangkan dibawah ini beserta contoh soal menghitung tetesan infus adalah agar bisa memberikan jumlah cairan yang tepat. Karena jika volume yang masuk dalam tubuh kurang, bisa menyebabkan dehidrasi akibatnya penyembuhan tidak optimal. Sebaiknya jika terlalu berlebihan, dapat menimbulkan pembengkakan dan tekanan darah meningkat.

Perbedaan selang infus makro dan mikro selain pada tampilan fisiknya juga pada faktor tetesnya dimana untuk anak-anak lebih besar. Rumus menghitung tetesan infus pdf bisa dengan cepat dipraktikkan asalkan mengetahui jumlah kebutuhan cairan yang diperlukan. Selain itu pilih merk yang cocok agar asupan tubuh melalui infus terpenuhi. Adapun beberapa rumus untuk menghitung jumlah tetesan adalah:

Cara Menghitung Tetesan Infus Mikro dan Makro

  1. Infus makro otsuka

Untuk mengetahui 1 botol infus habis berapa lama, terlebih dahulu Anda harus mengetahui kebutuhan serta faktor tetesnya. Jika Anda menggunakan otsuka maka faktor tetesnya adalah 15 tetes/ml. Bilangan tersebut akan sangat berguna dalam menyelesaikan contoh soal menghitung tetesan infus. Rumus yang digunakan adalah (jumlah kebutuhan cairan x 15) : waktu dalam satuan menit.

Cara Menghitung Tetesan Infus Mikro dan Makro

  1. Infus makro terumo

Beda halnya dengan otsuka, merk torumo memiliki faktor tetes 20 per ml. Jadi rumus menghitung tetesan infus pdf menjadi (jumlah kebutuhan cairan x 20) : waktu (menit). Misalnya ditanyakan cara menghitung tetesan infus ppt500 ml dalam 2 jam, maka hasilnya adalah 500 x 20 / 2 x 60 menit = 83 tetes setiap menit.

  1. Infus mikro
Baca Juga  Cara Menghitung IP Address dan Subnet Mask Yang Benar

Jenis yang satu ini memiliki faktor tetes sebesar 60 per ml dan digunakan untuk anak-anak. Rumus yang digunakan masih sama, misalnya contoh soal menghitung tetesan infus pada anak 10 tahun yang membutuhkan cairan 200 ml dalam 2 jam. Perhitungannya menjadi 200×60 / 2x 60 menit = 100 tetes per menit.

Pemberian infus sangat penting agar pasien tidak mengalami dehidrasi. Selain itu bisa digunakan sebagai cara menghitung dosis obat dengan mencampurkannya dalam cairan. Perawat yang sudah profesional, terlatih dan menguasai rumus menghitung tetesan infus pdf untuk berbagai kondisi pasien.

Jika sudah tahu formulanya, Anda bisa dengan mudah mengerjakan contoh soal menghitung tetesan infus. Jika masih bingung, segera searching di internet tentang gambar infus set mikro dan mikro. Semoga info yang diberikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan seputar kesehatan dan dunia kedokteran.

Source :

beda infus mikro dan makro